Nanda, Maya Silfia (2017) Pengembangan e-module berbasis flip book pada mata pelajaran humas dan keprotokolan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMKIN 1 Turen / Maya Silfia Nanda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nanda Maya Silfia. 2017. Pengembangan E-Module Berbasis Flip Book Pada Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Kd 3.4 Mendeskripsikan Ruang Lingkup Pertemuan Dan Kd 4.4 Mengelola Pertemuan Untuk Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Hj Wasiti S.Sos M.Si. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran E-Module Mata Pelajaran Humas dan Keprotokolan Bahan ajar ini dikembangkan berupa e-module yang merupakan bahan ajar elektronik yang dirancang menggunakan software Flipbook. Pengembangan e-module sangat diperlukan karena adanya perkembangan teknologi yang nantinya diharapkan dapat menjadi media alternatif sekaligus menjadi bahan ajar yang menarik. Tujuan dari pengembangan bahan ajar E-Module Berbasis Flip Book Pada Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan adalah menghasilkan produk berupa modul elektronik yang dapat digunakan oleh guru maupun siswa dalam proses belajar mengajar di kelas XI Administrasi Perkantoran SMK Negeri 1 Turen untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran E-Module Berbasis Flip Book Pada Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan divalidasi oleh 1 orang ahli materi 1 orang ahli media dan 9 siswa sebagai pengguna. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh rata-rata 94 81% yang berarti valid dan sangat layak hasil validasi oleh ahli media diperoleh rata-rata 95% yang berarti valid dan sangat layak dan hasil validasi oleh pengguna diperoleh rata-rata 95 9% yang berarti valid dan sangat layak. Rata-rata dari beberapa validator diperoleh hasil 95 23% yang berarti valid dan sangat layak digunakan. Analisis hasil belajar siswa antara siswa pada kelas kontrol dan siswa kelas eksperimen memiliki perbedaan yang signifikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai rata-rata kelas kontrol dengan kelas eksperimen pada hasil analisis SPSS. Kelas kontrol memiliki nilai rata-rata 86 11 sedangkan untuk kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata 91 50. Hasil analisis untuk tingkat ketuntasan kelas diperoleh data 97% untuk kelas eksperimen dan 77% pada kelas kontrol ini menunjukkan bahwa pada kelas kontrol siswa masih belum tuntas dan pada kelas eksperimen siswa sudah memenuhi kriteria tuntas. Siswa dinyatakan tuntas secara klasikal minimal berada pada persentase 85%. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran E-Module Berbasis Flip Book Pada Mata Pelajaran Humas Dan Keprotokolan sangat efektif dan dapat digunakan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Turen. ABSTRACT Nanda Maya Silfia. 2017. Development e-module based flip book in the subject of Public Relations and Protocol to improve learning outcomes students ( study in KD 3.4 Described scope meeting and KD 4.4 Manage a meeting for students XI administration office in SMKN 1 Turen ) .Thesis.The Department Of Management Faculty Of Economics State University Of Malang. Preceptor Dra. Hj Wasiti S.Sos M.Si. Keywords development of learning media E-Module Subject of Public Relations and Protocol This teaching material was developed in the form of e-module which is an electronic material designed using Flipbook software. The development of e-module is necessary because of the development of technology that will be expected to become an alternative media as well as an interesting teaching material. The purpose of the development of teaching materials E-Module Based Flip Book On Subjects Public Relations And Keprotokolan is to produce products in the form of electronic modules that can be used by teachers and students in teaching and learning process in class XI SMK Negeri 1 Turen Office Administration to improve student learning outcomes. Learning media E-Module Based Flip Book On Subjects Public Relations And Keprotokolan validated by 1 material experts 1 media expert and 9 students as users. The result of validation by the material experts obtained an average of 94.81% which means valid and very feasible the validation results by media experts obtained an average of 95% which means valid and very feasible and user validation results obtained an average of 95.9 % Which means valid and very feasible. The average of some validator results obtained 95.23% which means valid and very feasible to use. Analysis of student learning outcomes between students in the control class and experimental class students had significant differences. This can be proved by the average value of the control class with the experimental class on the SPSS analysis results. The control class has an average value of 86.11 while for the experimental class has an average value of 91.50. The result of analysis for class mastery level obtained 97% data for experimental class and 77% in control class it shows that in student control class still not complete and in student experiment class already fulfill the criterion complete. Students are declared completely classical at least in percentage 85%. This shows that the use of learning media E-Module Based Flip Book On Subjects Public Relations And Keprotokolan very effective and can be used to improve student learning result of class XI Administration Office at SMK Negeri 1 Turen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 May 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29194 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |