Perbedaan self-talk berdasarkan jenis kelamin pada siswa kelas XI SMKN 2 Tulungagung / Rofiah Tria Amalina - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan self-talk berdasarkan jenis kelamin pada siswa kelas XI SMKN 2 Tulungagung / Rofiah Tria Amalina

Amalina, Rofiah Tria (2023) Perbedaan self-talk berdasarkan jenis kelamin pada siswa kelas XI SMKN 2 Tulungagung / Rofiah Tria Amalina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis perbedaan self-talk berdasarkan jenis kelamin pada siswa kelas XI SMKN 2 Tulungagung. Self-talk merupakan dialog seseorang kepada diri sendiri yang menggambarkan keadaan emosi dan psikologinya baik dengan suara batin seseorang maupun ungkapan-ungkapan dengan suara keras. Self-talk dapat dibagi berdasarkan jenisnya menjadi self-talk positif negatif dan netral. Penggunaan self-talk dapat diukur dengan inventori self-talk yang mencakup self-talk positif dan self-talk negatif. Dalam hal menyelesaikan masalah yang muncul sebagai akibat dari perubahan pikiran atau perilaku self-talk sangatlah efektif. Desain komparatif digunakan untuk meneliti sampel sejumlah 57 siswa laki-laki dan 57 siswa perempuan kelas XI di SMKN 2 Tulungagung yang diambil menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu inventori self-talk. Analisis data pada penelitian ini menggunakan Independent Sample t Test atau uji t untuk mengukur perbedaan self-talk siswa laki-laki dan perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai Asymp. Sig.(2 tailed) sebesar 0 91 atau lebih dari batas yaitu 0 05 sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa tidak ada perbedaan rata-rata self-talk secara signifikan. Artinya tidak terdapat perbedaan antara self-talk siswa laki-laki dan siswa perempuan kelas XI di SMKN 2 Tulungagung. Dari penelitian ini diharapkan konselor dapat lebih memahami peserta didiknya. Bantuan konselor untuk siswa yang masih berada di tingkat self-talk kategori rendah juga diperlukan. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan penelitian ini dengan subjek yang lebih besar dan dengan variabel yang lebih beragam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Sep 2023 04:29
Last Modified: 18 Dec 2023 06:43
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291937

Actions (login required)

View Item View Item