Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan tingkat pencapaian tugas perkembangan pada siswa kelas x sma negeri 3 kabupaten tangerang / Muhamad Ilham Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan tingkat pencapaian tugas perkembangan pada siswa kelas x sma negeri 3 kabupaten tangerang / Muhamad Ilham Saputra

Saputra, Muhamad Ilham Saputra (2023) Hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan tingkat pencapaian tugas perkembangan pada siswa kelas x sma negeri 3 kabupaten tangerang / Muhamad Ilham Saputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Intensitas penggunaan media sosial merupakan sebuah kegiatan yang saat ini banyak sekali dilakukan oleh masyarakat khususnya remaja. Dengan berbekal jaringan internet dan aplikasi mereka sudah bisa mengakses media sosial tanpa batasan waktu. Selaras dengan hal itu tingkat pencapaian tugas perkembangan menjadi hal penting bagi remaja khususnya masa SMA hal ini dikarenakan capaian tugas perkembangan dari masing-masing individu tentunya berbeda. Terdapat 11 aspek dalam tugas perkembangan yang menjadi poin-poin penting disetiap aspeknya dalam menunjang keberhasilan siswa dalam mencapai kematangan di usianya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui hubungan antara intensitas penggunaan media sosial dengan tingkat pencapaian tugas perkembangan siswa SMA. Rancangan penelitian ini menggunakan jenis kuantitatif dengan desain deskriptif korelasional. Populasi penelitian ini merupakan siswa kelas X SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang yang berjumlah 204 orang dengan total sampel 135 siswa dengan teknik simple random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu tugas perkembangan siswa SMA diambil dari Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) yang dikembangkan oleh Sunaryo Dkk dengan total 77 pernyataan intensitas penggunaan media sosial diadaptasi dari penelitian Suciningtyas (2020) dengan 19 item yang sudah valid serta memiliki reliabilitas sebesar 0 789. Analisis data melalui analisis tugas perkembangan (ATP) analisis deskriptif inferensial dan uji korelasi product moment Pearson. Hasil penelitian menyimpulkan angka signifikansi sebesar 0 986 yang gt 0 05. Ini menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan korelasi antara tingkat pencapaian tugas perkembangan dengan intensitas penggunaan media sosial.. Hasil penelitian ini memberikan wawasan tentang pengaruh tugas perkembangan pada intensitas penggunaan media sosial di kalangan siswa SMA. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu siswa kelas X SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang mencapai tingkat perkembangan tugas yang sedang. Selain itu intensitas penggunaan media sosial siswa kelas X SMA Negeri 3 Kabupaten Tangerang juga berada pada tingkat sedang. Penelitian ini tidak memperlihatkan adanya hubungan korelasi antara tingkat pencapaian tugas perkembangan dan intensitas penggunaan media sosial siswa. Saran yang diberikan yaitu untuk menambah wawasan baru bagi konselor mengenai tingkat pencapaian tugas perkembangan siswa dalam konteks seberapa sering siswa menggunakan media sosial. Selain itu menunjang keberhasilan siswa dalam mencapai tugas perkembangannya serta siswa dapat memiliki kontrol diri terhadap media sosial yang digunakan sehari-hari sehingga siswa dapat dengan baik mencapai aspek-aspek yang dirasa penting untuk melanjutkan ke tahap berikutnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Sep 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291934

Actions (login required)

View Item View Item