Agustin, Dea Difana (2023) Pengembangan media bimbingan klasikal berbasis media sosial tentang literasi digital bagi siswa smp / Dea Difana Agustin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media sosial tidak hanya memberikan dampak positif namun juga memberikan dampak negatif hingga menimbulkan perilaku menyimpang pada remaja. Mulai dari cyberbullying penyebaran hoaks hingga penyebaran konten pornografi di media sosial. Fenomena tersebut juga terjadi pada siswa SMPN 23 Malang. Konselor SMPN 23 Malang menyebutkan bahwa konselor memerlukan upaya pencegahan berupa edukasi literasi digital dengan media yang menarik kreatif dan interaktif yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa. Berdasarkan studi literatur hasil need assessment dan wawancara bersama Konselor media bimbingan klasikal berupa poster digital dan podcast berbasis media sosial diprediksi mampu mengedukasi literasi digital bagi siswa SMP. Poster digital berisi informasi edukasi literasi digital yang dikemas menarik. Podcast berisi diskusi isu-isu media sosial yang dikolaborasikan dengan literasi digital dapat melatih komunikasi vebal pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media poster digital dan podcast berbasis media sosial untuk mengedukasi literasi digital bagi siswa SMP serta menguji format dan keberterimaan produk berdasarkan aspek ketepatan kegunaan kemenarikan dan kemudahan. Metode yang digunakan pada penelitian dan pengembangan ini adalah ADDIE dengan lima tahapan yaitu (1) analysis (2) design (3) development (4) implementation dan (5) evaluation yang telah dimodifikasi. Validasi produk dilakukan oleh dua ahli materi Dosen Departemen Bimbingan dan Konseling dua ahli media Dosen Departemen Teknologi Pendidikan dan dua calon pengguna Konselor SMPN 23 Malang. Hasil validasi produk berupa data kuantitatif yang berasal dari skor penilaian ahli dan calon pengguna menggunakan skala likert yang dianalisis menggunakan teknik inter-rater-agreement serta data kualitatif berupa komentar kritik dan saran dari ahli serta calon pengguna yang dijadikan sebagai bahan untuk menyempurnakan produk. Hasil penelitian ini berupa produk poster digital podcast dan buku panduan bagi konselor untuk mengedukasi literasi digital bagi siswa SMP. Poster digital berjumlah empat buah tentang informasi literasi digital. Podcast terdiri atas empat episode berupa video diskusi bersama siswa terkait isu-isu media sosial. Poster digital dan podcast dapat diakses melalui Instagram agar lebih efisien. Buku panduan bagi konselor berisi panduan pengimplementasian media poster digital dan podcast berbasis media sosial untuk mengedukasi literasi digital bagi siswa SMP. Produk penelitian ini telah divalidasi oleh ahli materi ahli media dan calon pengguna (konselor) yang menunjukkan bahwa poster digital podcast dan buku panduan bagi konselor sangat tepat sangat berguna sangat menarik dan sangat mudah untuk mengedukasi literasi digital bagi siswa SMP.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Oct 2023 04:29 |
Last Modified: | 25 Sep 2024 07:16 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/291926 |
Actions (login required)
View Item |