Hubungan antara pelaksanaan proyek kemanusiaan program mbkm dan kepekaan sosial mahasiswa / Fiki Dwi Shofiyanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Hubungan antara pelaksanaan proyek kemanusiaan program mbkm dan kepekaan sosial mahasiswa / Fiki Dwi Shofiyanto

Shofiyanto, Fiki Dwi Shofiyanto (2023) Hubungan antara pelaksanaan proyek kemanusiaan program mbkm dan kepekaan sosial mahasiswa / Fiki Dwi Shofiyanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Bentuk kegiatan dalam Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) meliputi 8 program salah satunya yaitu program proyek kemanusiaan. Proyek kemanusiaan merupakan suatu program yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa perguruan tinggi untuk mengembangkan kegiatan kemanusiaan secara mandiri salah satu tujuannya adalah melatih mahasiswa agar memiliki kepekaan sosial. Kepekaan sosial merupakan suatu bentuk perhatian dan kepedulian seorang individu terhadap keadaan lingkungan sekitarnya yang dilakukan atas dasar keinginannya sendiri tanpa ada paksaan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara pelaksanaan proyek kemanusiaan dan kepekaan sosial mahasiswa Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan desain korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Departemen Bimbingan dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2019. Teknik sampling yang digunakan yaitu Sample Purposive Sampling karena adanya tujuan yaitu mahasiswa yang mengikuti program proyek kemanusiaan dengan jumlah responden dari penelitan ini 79 responden. Instrumen yang digunakan berupa instrumen proyek kemanusiaan dan instrumen kepekaan sosial yang berbentuk angket kuesioner. Kedua instrument sudah memenuhi kriteria layak (valid dan reliabel). Tingkat validitas masing-masing item rata-rata 0 717 untuk instrumen proyek kemanusiaan dan 0 449 untuk instrumen kepekaan sosil sedangkan nilai reliabilitasnya sebesar 0 949 untuk instrumen proyek kemanusiaan dan 0 859 untuk instrumen kepekaan social. Teknik analisis data yang digunakan yaitu korelasi linier sederhana. Berdasarkan hasil analisis terdapat hubungan antara kegiatan proyek kemanusiaan dan kepekaan sosial mahasiswa. Kegiatan proyek kemanusiaan dan kepekaan sosial memiliki hubungan yang positif dengan tingkat korelasi yang rendah yaitu sebesar 0 322 dengan indikator dari proyek kemanusiaan yang paling dominan mempengaruhi kepekaan sosial mahasiswa adalah indikator menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dan kepedulian sosial serta indikator membangun hubungan sosial. Adapun hasil perhitungan menunjukkan bahwa proyek kemanusiaan memiliki kontribusi sebesar 9 2% dalam mempengaruhi kepekaan sosial mahasiswa. Dengan demikian kagiatan proyek kemanusiaan dapat menjadi sarana untuk mengembangkan kepekaan sosial mahasiswa sehingga mendukung akan tercapainya profil lulusan perguruan tinggi yang unggul dan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Oct 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291925

Actions (login required)

View Item View Item