Kesejahteraan psikologis remaja: menilik peran persaingan saudara kandung / Vieny Sella Tirtania - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesejahteraan psikologis remaja: menilik peran persaingan saudara kandung / Vieny Sella Tirtania

Tirtania, Vieny Sella Tirtania (2023) Kesejahteraan psikologis remaja: menilik peran persaingan saudara kandung / Vieny Sella Tirtania. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada masa perkembangan remaja tak jarang ditemui permasalahan-permasalahan seperti halnya kenakalan remaja. Kenakalan remaja merupakan akibat dari tingkat kesejahteraan psikologis yang rendah. Salah satu hal yang menjadi faktor pembentuknya kesejahteraan psikologis yang baik pada remaja adalah lingkungan keluarga. Permasalahan yang kerap kali ditemukan dalam lingkup keluarga adalah bentuk dukungan orang tua dan egosentris remaja yang cenderung tinggi. Apabila orang tua memperlihatkan sikap persaingan dan permusuhan dalam hubungan saudara hal tersebut akan berdampak pada munculnya pengalaman negatif berupa reaksi persaingan saudara kandung. Tujuan dari adanya penelitian ini ialah untuk menguji apakah persaingan saudara kandung memiliki peran terhadap kesejahteraan psikologis remaja. Partisipan terdiri dari 147 siswa kelas 10 SMAN X Bondowoso menggunakan purposive sampling. Skala persaingan saudara kandung dan skala kesejahteraan psikologis dikonstruk serta melalui uji analisis faktor untuk memperoleh model yang fit sebagai instrumen penelitian ini. Analisis regresi menunjukkan persaingan saudara kandung berperan signifikan terhadap kesejahteraan psikologis dengan kontribusi sebesar 13 7%. Dampak yang diakibatkan oleh persaingan saudara kandung baik dalam hal positif maupun negatif memiliki keterkaitan dengan kesejahteraan psikologis. Sehingga hipotesis dari penelitian ini dapat dibuktikan dan diterima.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291910

Actions (login required)

View Item View Item