Pengembangan media pembelajaran berbasis ispring pro mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Hendrika Novita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis ispring pro mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Hendrika Novita Sari

Sari, Hendrika Novita (2017) Pengembangan media pembelajaran berbasis ispring pro mata pelajaran otomatisasi perkantoran (studi pada siswa kelas X administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 3 Singosari) / Hendrika Novita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari Hendrika Novita. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis iSpring Pro Mata Pelajaran Otomatisasi Perkantoran (Studi pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muh 3 Singosari. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Heny Kusdiyanti S.Pd. M.M. Kata Kunci Pengembangan Media Media Pembelajaran iSpring Pro. Media pembelajaran merupakan salah satu unsur yang memegang peranan penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pengamatan dan wawancara dengan guru mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran diperoleh informasi bahwa belum ada variasi penggunaan media pembelajaran guru menggunakan buku/modul dan media papan tulis dalam menyampaikan materi pembelajaran fasilitas sekolah seperti LCD dan speaker belum digunakan secara maksimal sehingga pembelajaran tidak menarik cenderung monoton dan membosankan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis iSpring Pro mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 3 Singosari. Metode pengembangan yang digunakan adalah metode Borg and Gall. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi penelitian dan pengumpulan data perencanaan pengembangan draf produk uji coba lapangan merevisi hasil uji coba uji coba lapangan awal. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis iSpring Pro yang dikemas dalam sebuah CD (Compact Disk) dan buku panduan penggunaan media. Media ini divalidasi oleh ahli media dari dosen dan guru ahli materi dari dosen dan guru uji coba kelompok kecil uji coba kelompok besar. Hasil yang diperoleh dari validasi tersebut yaitu validasi ahli media dari dosen sebesar 92 2% dan ahli media dari guru sebesar 92 2% validasi ahli materi dari dosen sebesar 94 4% dan validasi ahli materi dari guru sebesar 90 3% validasi uji coba kelompok kecil sebesar 92 2% validasi uji coba kelompok besar sebesar 87 9%. Berdasarkan hasil validasi tersebut maka media yang dikembangkan layak digunakan sebagai alat bantu siswa dalam memahami materi pembelajaran mata pelajaran Otomatisasi Perkantoran. Saran yang dapat disampaikan yaitu (1) penggunaan media dapat dilaksanakan di laboratorium komputer atau dalam kelas yang terdapat fasilitas seperti LCD dan proyektor (2) Speaker juga bisa digunakan untuk membantu menunjang pembelajaran agar suara dalam media bisa didengarkan oleh seluruh siswa sehingga materi dapat tersampaikan secara menyeluruh (3) guru SMK disarankan mengembangkan media pembelajaran dengan iSpring Pro untuk materi yang lain karena program ini mudah dioperasikan dan memiliki banyak fitur pendukung sehingga kondisi pembelajaran siswa akan menyenangkan. ABSTRACT Sari Hendrika Novita. 2017. The development of Media-based learning iSpring Pro Office Automation Subjects (study on Administration Office X Grade SMK Muh 3 Singosari. Sarjana s Thesis Department Of Management Faculty Of Economics State University Of Malang. Adviser Dr. Heny Kusdiyanti S. Pd. M.M. Keywords Learning Media Media Development iSpring Pro. Learning media is one of the elements that hold an important role in the learning process. Based on observations and interviews with the teacher Office Automation subjects obtained the information that there is no variation in using learning media teachers using the books/module and whiteboard when delivering learning school facilities like LCD and speakers are not yet being used to its full potential so that learning is not interesting tend to be monotonous and boring. This research aims to know the feasibility of media-based learning iSpring Pro Office Automation subjects in SMK Muhammadiyah 3 Singosari. The method used is the development of methods of Borg and Gall. Measures of research and development include data collection research and planning the development of a draft product field trials revised the trial results early field trials. The results of this research is a media-based learning iSpring Pro is packaged in a CD (Compact Disk) and guide the use of media. This media is validated by experts of media from lecturers and teachers expert of material from the lecturers and teachers small group trials large groups trials. The result of the validation are validation of the media expert from lecturers of 92.2% and media expert from teacher of 92 2% expert validation material from lecturer of 94.4% and validation expert material from teachers of 90.3% a small group of test validation of 92 2% large groups of test validation of 87.9%. Based on the results of the validation of media developed suitable to used as students tools in understanding the learning material Office Automation subjects. The suggestions can be delivered that are (1) use of media can be implemented in a computer lab or in the classroom there are facilities like LCD and projector (2) Speaker can also be used to help support learning so the sound in the media can be heard by all students so the material can be delivered thoroughly (3) teachers SMK suggested developing a media learning with iSpring Pro to other material because the program is easy to operate and has many features supporting student learning conditions so that will be fun.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29191

Actions (login required)

View Item View Item