Kepercayaan terhadap konflik interpersonal pada dewasa dengan hubungan pacaran jarak jauh / Dhiya Fauziyyah Sudirman - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepercayaan terhadap konflik interpersonal pada dewasa dengan hubungan pacaran jarak jauh / Dhiya Fauziyyah Sudirman

Sudirman, Dhiya Fauziyyah Sudirman (2023) Kepercayaan terhadap konflik interpersonal pada dewasa dengan hubungan pacaran jarak jauh / Dhiya Fauziyyah Sudirman. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap konflik interpersonal pada dewasa awal di Malang yang sedang menjalani hubungan pacaran jarak jauh. Desain penelitian yang digunakan yaitu desain kuantitatif korelasional. Teknik sampling menggunakan metode convenience sampling dan diperoleh jumlah sebesar 117 partisipan. Penelitian menggunakan 2 skala yaitu Trust Scale untuk mengukur kepercayaan dan Skala Konflik Interpersonal untuk mengukur konflik interpersonal. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap konflik interpersonal pada dewasa awal di Malang yang sedang menjalani hubungan pacaran jarak jauh (t 18 813 p 0 000 lt 0 05 R2 0 378). Berdasarkan hasil penelitian ini disimpulkan bahwa semakin tinggi kepercayaan maka semakin rendah konflik interpersonal pada dewasa awal yang sedang menjalani hubungan pacaran jarak jauh. Dalam hal ini kepercayaan berkontribusi terhadap konflik interpersonal sebesar 37 8%. Implikasi penelitian ini yaitu untuk penelitian selanjutnya dapat meneliti terkait apakah terdapat pengaruh kepercayaan dan konflik interpersonal berdasarkan lama menjalani hubungan dan jenis kelamin. Selanjutnya untuk dewasa awal yang menjalani hubungan pacaran jarak jauh dapat meningkatkan rasa percaya terhadap pasangan untuk mengurangi konflik interpersonal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291907

Actions (login required)

View Item View Item