Pengaruh kelekatan orang tua terhadap pengambilan keputusan menikah pada usia 25 - 30 tahun / Diva Lovita Exalanty - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh kelekatan orang tua terhadap pengambilan keputusan menikah pada usia 25 - 30 tahun / Diva Lovita Exalanty

Exalanty, Diva Lovita (2023) Pengaruh kelekatan orang tua terhadap pengambilan keputusan menikah pada usia 25 - 30 tahun / Diva Lovita Exalanty. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu tuntutan dalam masa perkembangan manusia ialah membangun keintiman (intimacy) bersama individu lain. Terdapat beberapa faktor yang memengaruhi kemampuan individu dalam mencapai keintiman (intimacy) tersebut salah satunya yaitu pola kelekatan (attachment). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari kelekatan orang tua terhadap pengambilan keputusan menikah. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria subjek usia 25 ndash 30 tahun dan belum pernah menikah. Berdasarkan kriteria tersebut diperoleh 103 responden pada penelitian ini. Instrumen penelitian terdiri dari Inventory of Parent and Peer Attachment (IPPA) Revised Version milik Gay Armsden Ph.D dan Mark T. Greenberg Ph.D yang telah diadaptasi oleh peneliti serta instrumen Pengambilan Keputusan Menikah yang disusun secara konstruk berdasarkan aspek teori dari Kemdal dan Montgomery. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis regresi sederhana untuk mengetahui pengaruh kelekatan ibu dengan pengambilan keputusan menikah dan pengaruh kelekatan ayah dengan pengambilan keputusan menikah. Selain itu peneliti juga melakukan uji analisis regresi berganda untuk melihat pengaruh kelekatan orang tua (Ayah dan Ibu) terhadap pengambilan keputusan menikah. Hasil analisis menunjukkan bahwa kelekatan ibu memberikan kontribusi sebesar 7.8% terhadap pengambilan keputusan menikah dan kelekatan ayah memberikan kontribusi sebesar 5.6% terhadap pengambilan keputusan menikah. Adapun ketika kelekatan dilihat dari keduanya (antara ayah dan ibu) digabung bersamaan maka hasilnya diperoleh 9.4% kontribusi kelekatan orang tua terhadap pengambilan keputusan menikah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2023 04:29
Last Modified: 11 Aug 2023 07:25
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291903

Actions (login required)

View Item View Item