Pengembangan media pembelajaran Prezi pada mata pelajaran mengoperasikan aplikasi presentasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri) / Riska Nadya Pratiwi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran Prezi pada mata pelajaran mengoperasikan aplikasi presentasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri) / Riska Nadya Pratiwi

Pratiwi, Riska Nadya (2017) Pengembangan media pembelajaran Prezi pada mata pelajaran mengoperasikan aplikasi presentasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XI Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 2 Kediri) / Riska Nadya Pratiwi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pratiwi Riska Nadya. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Prezi Pada Mata Pelajaran Mengoperasikan Aplikasi Presentasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XI Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 2 Kediri). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran. Jurusan Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Mohammad Arief M.Si (2) Drs. I Nyoman Suputra M.Si Kata Kunci Media Presentasi Prezi Hasil Belajar. Media presentasi adalah segala alat atau perangkat yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan atau informasi dalam proses belajar mengajar. Penggunaan media presentasi yang inovatif sangat dibutuhkan agar siswa dapat menangkap pesan yang disanpaikan pengajar dengan baik. Salah satunya menggunakan media presentasi Prezi dimana pengguna dapat menumpahkan daya kreatifitasnya dalam mendesain setiap slide presentasinya. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran Prezi pada mata pelajaran mengoperasikan aplikasi presentasi pada siswa kelas XI APK 1 di SMK Negeri 2 Kediri. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk melihat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran Prezi dengan siswa yang tidak menggunakan media pembelajaran Prezi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R D) dengan prosedur penelitian dan pengembangan (R D). Rancangan penelitian dan pengembangan meliputi 8 tahap yaitu (1) Potensi dan Masalah (2) Pengumpulan Data (3) Desain Produk (4) Validasi Desain (5) Revisi Desain (6) Uji Coba Produk (7) Revisi Produk (8) Uji Coba Pemakaian. Penelitian ini menggunakan kuisioner untuk memperoleh hasil yang valid dalam pengembangan media. Kuisioner diberikan kepada ahli media ahli materi dan uji kelompok kecil. Validasi ahli materi dilakukan oleh guru SMK Negeri 2 Kediri dan hasil validasi sebesar 98 07% termasuk dalam kategori sangat valid. Validasi media dilakukan oleh dosen Jurusan Manajemen Universitas Negeri Malang dan hasil validasi sebesar 100% termasuk dalam kategori sangat valid. Uji coba kelompok kecil dilakukan oleh enam siswa dan hasil validasi sebesar 96 06% termasuk ke dalam kategori sangat valid. Hasil uji t-test menunjukkan nilai signifikansinya sebesar 0 00 sehingga Ho ditolak yang berarti terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol dimana nilai sebelum menggunakan media dan post test sebesar 64 71 dan 96 90 sedangkan nilai sebelum menggunakan media dan post test kelas kontrol sebesar 65 84 dan 79 55. Ditinjau dari skor efektifitasnya kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 31 92 dan kelas kontrol sebesar 13 71 sehingga dapat dikatakan bahwa media pembelajaran termasuk dalam kriteria tinggi yang berarti efektif untuk digunakan serta mampu meningkatkan hasil belajar siswa. ABSTRACT Pratiwi Riska Nadya. 2016. Prezi Learning Media Development In Operating Presentation Application Subject to Enhance Students Outcome Learning (Study On The XI Grade Students of Office Administration at State Vocation Schools 2 Kediri). Sarjana s Thesis. S1 Eucation of Office Administration. Management Major. Economic Faculty. State University of Malang. Advisors (1) Drs. Mohammad Arief M.Si (2) Drs. I Nyoman Suputra M.Si. Keywords Presentasion Media Prezi Study Result. Presentasion media is a tool or device that can be used to convey the message or information to the learning process. The innovative use of presentation media is needed so students could catch the information from the lecturer well. One of them is by using Prezi presentasion media where users could show their creativity in designing every presentasion slide. This study aims to produce Prezi learning media on subjects by operating presentasion application to the 11th grader of APK 1 in State Vocation Schools 2 Kediri In addition this study also aims to look at the differencesin students learning outcome between the student who use Prezi and the students who are not. This study uses research and development (R D) with the procedures of research and development (R D). The planning of research and development includes 8 stages (1) Potentiial and Problems (2) Collecting Data (3) Product Design (4) Design Validation (5) Revised Design (6) Products Trial (7) Revised Product (8) Use Trial. This study uses a qestionnairre to obtain valid results in the development od the media. Questionnaires given to media experts subject matter experts and the small group test. Validation matter expert conducted by the teacher of State Vocation Schools 2 Kediri and the validation results of 98.07% in included in the category of very valid. Media validation conducted by the lecturer of Management Major of State University of Malang and the result is 100% inclded in the very valid category. Small group trial conducted by six studentsand the results of the validation is 96.06% which is very valid. The results of t-test showed the significance value of 0 00 thus Ho is rejected which means that there is a difference in student learning result between the experimental class and controled class. The result of experimental class is higher than the ccontroled class where the value before using the media and post test is 64 7 and 96 90 while the value before using the media and post test control class is 65.84 and 79.55. Judging from the experimental class effectiveness score higher at 31.92 and 13.71 for the control class so that it can be said that the learning media included in the criteria of high which means effective to be used and can improve student learning result.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29190

Actions (login required)

View Item View Item