Ainin, Moh. and Kholidah, Lilik Nur and Ma'sum, Ali (2013) Eksplorasi program pembinaan pelaksana pendidikan pendekatan School Based Management pada madrasah tsanawiyah kawasan pinggiran, pedesaan, dan terpencil di Jawa Timur. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 20 (1). pp. 102-112.
Text
fullteks.pdf Download (2MB) |
Abstract
Abstrak: Secara umum, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan secara objektif, sistematis, dan komprehensif tentang program pembinaan dalam meningkatkan kualitas pengelolaan sekolah dengan menggunakan pendekatan manajemen berbasis sekolah di Madrasah Tsanawiyah (MTs) wilayah pinggiran, pedesaan, dan daerah terpencil di Jawa Timur. Penelitian pada tahap ini menggunakan desain deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa MTs di kawasan pinggiran lebih intens dalam melakukan pembinaan terhadap pelaksana pendidikan dibandingkan dengan MTs kawasan pedesaan, apalagi dengan MTs kawasan terpencil. Akan tetapi, MTs yang berada pada ketiga situs tersebut belum melakukan program pembinaan secara menyeluruh, terencana, dan terukur, khususnya pada program pembinaan di bidang pengembangan kurikulum dan pembelajaran inovatif. Kata kunci: program pembinaan, pengelola pendidikan, manajemen berbasis sekolah, Tsanawiyah pinggiran.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Laporan Karya Ilmiah FS |
Depositing User: | Library UM |
Date Deposited: | 23 May 2023 06:23 |
Last Modified: | 14 Jun 2023 03:47 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/2919 |
Actions (login required)
View Item |