For your page Tik Tok: pengaruh harga diri terhadap presentasi diri online pada remaja / Diah Puspita Sari</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

For your page Tik Tok: pengaruh harga diri terhadap presentasi diri online pada remaja / Diah Puspita Sari</p>

Sari, Diah Puspita (2023) For your page Tik Tok: pengaruh harga diri terhadap presentasi diri online pada remaja / Diah Puspita Sari</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keberadaan TikTok seringkali digunakan untuk menampilkan diri secara virtual. Namun penampilan virtual tersebut dapat menjadikan individu untuk berupaya dalam melakukan penipuan penampilan atau lying self-presentation yang mereka percayai dapat mempengaruhi harga diri sebagai bentuk versi terbaik dari diri mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh harga diri terhadap presentasi diri online pada remaja pengguna aplikasi TikTok di Kabupaten Tasikmalaya. Desain penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode non-probability sampling dengan jenis accidental sampling serta mendapatkan sampel sebanyak 537 subjek penelitian. Penelitian ini menggunakan dua skala yang diadaptasi oleh peneliti diantaranya adalah Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES) untuk mengukur harga diri dan The Presentation of Online-Self Scale (POSS) untuk mengukur presentasi diri online. Teknik analisis data menggunakan regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa harga diri memiliki pengaruh negatif yang signifikan terhadap presentasi diri online pada remaja pengguna TikTok di Kabupaten Tasikmalaya (t 27 154 p 0 01 lt 0 05 0 020). Penelitian ini menyimpulkan bahwa semakin rendah harga diri maka akan semakin tinggi presentasi diri online pada remaja. Dalam hal ini harga diri berkontribusi terhadap presentasi diri online sebesar 2%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291895

Actions (login required)

View Item View Item