Pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswa timur di kota malang / Zamzami Ali Yahya - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswa timur di kota malang / Zamzami Ali Yahya

Yahya, Zamzami Ali Yahya (2022) Pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswa timur di kota malang / Zamzami Ali Yahya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Mahasiswa Timur dalam menempuh pendidikan di luar kampung halamannya dihadapkan dengan berbagai macam tantangan dan tekanan. Tekanan tersebut seperti stress diskriminasi konflik prasangka dan lain-lain akibat adanya perbedaan budaya bahasa logat serta pembawaan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dukungan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswa timur di Kota Malang. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan teknik quota sampling melibatkan 156 mahasiswa timur di Kota Malang. Penelitian ini menggunakan skala Resiliensi dari skala adaptasi dari Asfiyah (2014) yang diadaptasi dari skala asli yaitu Connor-Davidson Resilience Scale (2003) dan skala Dukungan Sosial yang telah diadaptasi oleh Eva amp Bisri (2018) dari skala asli yaitu Multidimensional Scale of Perceived Social Support (1988) sebagai instrumen penelitian. Hasil uji anova didapatkan nilai F 7 890 dengan sig. lt 0 05. Uji koefisien regresi didapatkan persamaan regresi sebagai berikut Resiliensi 78 511 0 311(Dukungan Sosial). Uji regresi menunjukkan bahwa nilai signifikansi kurang dari 0 05 dengan nilai sebesar R2 0 096. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh dari dukungan sosial terhadap resiliensi pada mahasiswa timur di Kota Malang. Saran kepada peneliti selanjutnya untuk menggunakan metode penelitian yang lain agar didapatkan hasil yang didapatkan lebih menyeluruh dan spesifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291888

Actions (login required)

View Item View Item