Becak lawu 1970-2015: transportasi tradisional masyarakat Lereng Tenggara Gunung Lawu / Muhammad Fidyan Arby</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Becak lawu 1970-2015: transportasi tradisional masyarakat Lereng Tenggara Gunung Lawu / Muhammad Fidyan Arby</p>

Arby, Muhammad Fidyan (2023) Becak lawu 1970-2015: transportasi tradisional masyarakat Lereng Tenggara Gunung Lawu / Muhammad Fidyan Arby</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Becak Lawu merupakan transportasi tradisional yang berfungsi untuk mengangkut barang komoditas hasil bumi seperti sayur-sayuran. Transportasi ini hanya ada di daerah lereng tenggara Gunung Lawu. Tulisan ini mencoba menjelaskan eksistensi Becak Lawu dan pengaruhnya terhadap masyarakat sekitar di daerah lereng tenggara Gunung Lawu pada tahun 1970 hingga 2015-an. Penelitian ini menggunakan metode penelitian sejarah yang memiliki lima tahapan yakni pemilihan topik heuristik verifikasi interpretasi dan historiografi. Berdasarkan hasil temuan sumber-sumber sejarah penelitian ini menunjukkan bahwa pada tahun 1970-an muncul transportasi Becak Lawu yang berguna untuk membantu aktivitas masyarakat di daerah lereng tenggara Gunung Lawu khususnya di Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan. Transportasi ini dilatar belakangi oleh kondisi geografis yang curam dan terjal serta kondisi ekonomi masyarakat yang kurang mampu pada saat itu sehingga muncul kreatifitas dari masyarakat sekitar untuk menciptakan transportasi Becak Lawu yang terbuat dari kayu dan karet ban bekas. Kondisi ekonomi masyarakat Kecamatan Plaosan yang kian membaik di awal tahun 2000an menjadikan mereka mampu mencicil kendaraan bermotor. Hal tersebut membuat Becak Lawu tergeser dan menjadi terlupakan. Meski demikian untuk meningkatkan eksistensi Becak Lawu yang pernah berjaya sejak tahun 1970an di tahun 2015 masyarakat membuat festival balap Becak Lawu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Sejarah (SEJ) > S1 Ilmu Sejarah
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291875

Actions (login required)

View Item View Item