Pengembangan ruang kawasan Pantai Bita untuk rekreasi dalam mendukung wisata Kabupaten Ende / Ivan Sulistio</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan ruang kawasan Pantai Bita untuk rekreasi dalam mendukung wisata Kabupaten Ende / Ivan Sulistio</p>

Sulistio, Ivan (2023) Pengembangan ruang kawasan Pantai Bita untuk rekreasi dalam mendukung wisata Kabupaten Ende / Ivan Sulistio</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kawasan Pantai Bita merupakan salah satu pantai yang telah ditetapkan menjadi kawasan peruntukkan pariwisata. Ketetapan tersebut tertuang dalam Peraturan Daerah Kabupaten Ende Nomor 11 Tahun 2011 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah Kabupaten Ende Tahun 2011-2031. Kawasan Pantai Bita yang memiliki panorama alam indah dan lingkungan asri membuatnya berpotensi untuk menjadi lokasi rekreasi. Akan tetapi potensi yang dimiliki Kawasan Pantai Bita belum dapat dioptimalkan dengan baik. Hal tersebut terjadi karena belum adanya keterpaduan lintas sektoral dalam menciptakan pengembangan aktivitas rekreasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi eksisting Kawasan Pantai Bita dan memformulasikan strategi arahan pengembangan ruang Kawasan Pantai Bita untuk rekreasi dalam mendukung wisata di Kabupaten Ende. Penelitian ini menggunakan jenis metode deskriptif kuantitatif dengan menggunakan analisis elemen citra kota dan Strenght Weakness Opportunity Threat (SWOT). Teknik pengumpulan data melalui observasi wawancara dokumentasi lapangan dan studi literatur. Hasil dari analisis elemen citra kota menunjukkan bahwa Kawasan Pantai Bita sudah memiliki modal yang cukup baik sebagai lokasi rekreasi. Disisi lain hasil analisis SWOT yang diperoleh menunjukkan kuadran X 0.85 dan Y 0.20 sehingga strategi yang digunakan yaitu Strength Opportunity (SO). Strategi SO dilakuakan dengan memaksimalkan kekuatan panorama alam dan kemudahan moda transportasi serta memanfaatkan peluang berupa letak lokasi strategis dan keragaman kuliner lokal.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291867

Actions (login required)

View Item View Item