Analisis hidrologi pada hulu waduk bajumati kabupaten banyuwangi / Yasir Mahfudho - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis hidrologi pada hulu waduk bajumati kabupaten banyuwangi / Yasir Mahfudho

Mahfudho, Yasir Mahfudho (2023) Analisis hidrologi pada hulu waduk bajumati kabupaten banyuwangi / Yasir Mahfudho. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perencanaan dan pengembangan suatu DAS memerlukan analisis karakteristik hidrologi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik hidrologi sungai pada hulu DAS Bajulmati. Tahapan analisis menggunakan data sekunder berupa data curah hujan dalam kurun waktu 10 tahun sedangkan data primer berupa data sampel sedimen melayang sedimen dasar dan data debit harian sungai. Metode pengolahan data menggunakan HSS Gamma I untuk menghitung nilai debit banjir rencana untuk perhitungan nilai sedimen melayang dan sedimen dasar menggunakan metode sesaat dan metode Meyer Peter amp Muller. Penelitian diperoleh rata-rata debit harian DAS Bajulmati sebesar 3 95 ndash 8 01 m3/dtk sedangkan nilai debit banjir rencana 100 tahun sebesar 950 85 m3/dtk. Waktu puncak debit banjir rencana terjadi pada jam ke-2 08 dan waktu turun yang dibutuhkan hingga mencapai 0 kembali adalah selama 28 08 jam. Hasil analisis sedimen melayang tertinggi didapatkan pada inlet 3 dengan total 123 73 ton/tahun dan nilai terendah dengan total 47 45 ton/tahun didapatkan pada inlet 1. Hasil analisis sedimen dasar mendapatkan nilai yang lebih kecil yaitu 4 89 ton/tahun 0 89 ton/tahun dan 4 81 ton/tahun pada inlet 1 2 dan 3. Hasil perhitungan total laju sedimentasi yang diperkirakan masuk kedalam Waduk Bajulmati sebesar 248 934 ton/thn dengan rata-rata 82 97 ton/thn pada setiap inlet. Nilai total laju sedimentasi memberikan hasil yang lebih rendah karena data yang digunakan belum mewakili untuk kondisi ekstrim (banjir). Hasil analisis dapat disimpulkan bahwa laju sedimentasi pada hulu DAS Bajulmati tergolong dalam kategori sedang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Geografi (GEO) > S1 Geografi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Apr 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291856

Actions (login required)

View Item View Item