Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar (studi kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMKN I Malang) / Ragil Ayu Puspitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar (studi kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMKN I Malang) / Ragil Ayu Puspitasari

Puspitasari, Ragil Ayu (2017) Pengembangan modul administrasi sarana dan prasarana berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar (studi kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMKN I Malang) / Ragil Ayu Puspitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sari RagilAyuPuspita. 2016. PengembanganModulAdministrasiSarana Dan PrasaranaBerbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) UntukMeningkatkanHasilBelajar (StudiKelas XI Program KeahlianAdministrasiPerkantoran SMKN 1 Malang).Skripsi JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dra. Hj. Wasiti S.Sos M.Si Kata Kunci modul administrasisaranaprasarana contextual teaching and learning hasilbelajar. Moduladalahsalahsatubentukbahan ajar yang memuatmateriberdasarkansatukompetensidasarataubeberapakompetensidasar yang tersusunsecarasistematismenggunakanbahasa yang mudahdipahamiolehsiswasehinggamerekadapatbelajarsecaramandiri.Kenyataanya modul yang sesuaidengankompetensipembelajarankurikulum 2013 masihsangatterbatas.Permasalahantersebutjugadialami di SMKN 1 Malang.Olehkarenaitu diperlukansuatumodul yang menarikdansesuaidengankebutuhansiswa. Tujuanpenelitiandanpengembanganiniadalah (1) mengembangkanModulAdministrasiSaranadanPrasaranaBerbasisContextual Teaching and Learning (CTL) di kelas XI SMKN 1 Malang padaKompetensiDasar (a.) Mengidentifikasi definisi dan ruang lingkup sarana dan prasarana kantor dan (b.) Mempresentasikan definisi dan ruang lingkup sarana dan prasarana kantor (2) MengetahuitingkatkelayakanModulAdministrasiSaranadanPrasaranaBerbasisContextual Teaching and Learning (CTL) kelas XI di SMKN 1 Malang. (3) MengetahuiefektifitasmodulmelaluihasilbelajarsiswadenganmenggunakanModulAdministrasiSaranadanPrasaranaBerbasisContextual Teaching and Learning (CTL). Rancanganpenelitianmenggunakan model pengembangan 4-D denganempattahapyaitudefine design developdandisseminate. Validasimoduldilakukanoleh 1 orang guru pengajarmatapelajaranAdministrasiSaranadanPrasaranasebagaiahlimateri 1 orang dosendariJurusanManajemen Program StudiAdministrasiPerkantoranUniversitasNegeri Malang sebagaiahlimodul. Berdasarkanhasilvalidasiahlimateri ahlimodul dansiswadiketahuibahwamodulAdministrasiSaranadanPrasaranadinyatakan valid danlayakdigunakansebagaibahan ajar dalampembelajaran di kelas yang ditunjukkandenganpersentase rata-rata validasisebesar88%. SelainitumodulAdministrasiSaranadanPrasaranajugadinyatakanefektifdigunakandalamkegiatanpembelajaran di kelas yang ditunjukkandenganadanyapeningkatanhasilbelajarsebesar 59 06% (dengannilai rata-rata sebelummenggunakanmodulAdministrasiSaranadanPrasarana 61 dansetelahmenggunakanmodulsebesar 97). Dengandemikian dapatdisimpulkanbahwaModulAdministrasiSarana Dan PrasaranaBerbasisContextual Teaching And Learning (CTL) adalah valid danlayaksertaefektifdigunakansebagaibahan ajar dalamkegiatanpembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29185

Actions (login required)

View Item View Item