Kesiapan pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular di Universitas Negeri Malang / Putri Regita Kusuma Dewi - Repositori Universitas Negeri Malang

Kesiapan pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular di Universitas Negeri Malang / Putri Regita Kusuma Dewi

Dewi, Putri Regita Kusuma (2023) Kesiapan pos pembinaan terpadu penyakit tidak menular di Universitas Negeri Malang / Putri Regita Kusuma Dewi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pos Pembinaan Terpadu Penyakit Tidak Menular (Posbindu PTM) merupakan layanan kesehatan untuk deteksi dini faktor risiko penyakit tidak menular. Survei tim Health Promoting University (HPU) Universitas Negeri Malang Tahun 2021 menunjukan bahwa sebesar 86% sivitas akademika Universitas Negeri Malang memiliki riwayat penyakit tidak menular dan sebesar 64 3% mendukung adanya layanan skrining kesehatan di kampus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kesiapan Posbindu PTM di Universitas Negeri Malang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan pedoman wawancara semi terstruktur. Informan penelitian berjumlah 10 orang terdiri dari ketua HPU Universitas Negeri Malang koordinator Posbindu PTM dan sivitas akademika Universitas Negeri Malang. Penelitian ini menggunakan analisis data tematik. Hasil penelitian menyatakan bahwa Universitas Negeri Malang siap menyelenggarakan Posbindu PTM secara reguler. Hal tersebut dapat terlihat dari aspek tim pelaksana yang memadai yang terdiri dari tenaga medis dan non medis. Adanya upaya yang dilakukan oleh tim HPU Universitas Negeri Malang untuk menyediakan tempat Posbindu PTM dengan berkoordinasi kepada Subbagian Rumah Tangga Universitas Negeri Malang. Tersedianya Posbindu Kit sebanyak 6 paket Media KIE berupa poster dan Standar Operasional Prosedur berupa buku saku kader yang dapat digunakan. Sasaran Posbindu PTM menyambut baik program Posbindu PTM dan sudah mendapatkan informasi pelaksanaan Posbindu PTM.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat (IKM) > S1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:29
Last Modified: 11 Aug 2023 02:54
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291821

Actions (login required)

View Item View Item