Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan adobe flash professional CS5 berbasis e-learning untuk meningkatkan kreativitas peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Hani Mei Puspita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan adobe flash professional CS5 berbasis e-learning untuk meningkatkan kreativitas peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Hani Mei Puspita Sari

Sari, Hani Mei Puspita (2017) Pengembangan media pembelajaran dengan menggunakan adobe flash professional CS5 berbasis e-learning untuk meningkatkan kreativitas peserta didik (studi pada peserta didik kelas X Administrasi Perkantoran di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Hani Mei Puspita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Mei Puspita Sari Hani. 2017. Pengembangan Media PembelajarandenganMenggunakanAdobe Flash Profesional CS5berbasisE-learningUntukMeningkatkanKreativitasPesertaDidik. Skripsi.JurusanManajemen FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing Dr.HenyKusdiyanti S.Pd. M.M. Kata Kunci pengembangan media pembelajaran e-learning kreativitaspesertadidik Media pembelajaranmerupakansalahsatuunsur yang memegangperananpentingdalam proses pembelajaran. Pemakaian media pembelajarandalam proses pembelajarandapatmembangkitkankeinginan minatbaru danrangsangankegiatanbelajar. Menggunakanadobe flash professional cs5sebagai program yang dapatmembuatanimasidanpresentasi. Media pembelajaranberbasise-learningyaitupembelajaran yang menggunakancomputeratau laptop sebagaialatnya. Media pembelajaranuntukmeningkatkankreativitasyaitukemampuanpesertadidikmenciptakansesuatu yang baruatauberkreasidengansesuatu yang sudahada. Penelitianinibertujuan 1) mengembanganproduk media pembelajarandenganmenggunakanadobe flash professional cs5berbasise-learning. 2) mengetahuikelayakanproduk media pembelajarandenganmenggunakanadobe flash professional cs5berbasise-learning. 3) mengetahuipeningkatankreativitaspeserta didikkelas X AdministrasiPerkantoran SMK Negeri 1 Pasuruandenganmenggunakan media pembelajaran yang dikembangkan. Penelitianinimerupakanpenelitianpengembangan (R D). Model pengembangan yang digunakanadalahpengembanganproceduraldengan 10langkahyaitu 1) potensidanmasalah 2) pengumpulan data 3) desainproduk 4) validasidesain 5) revisidesain 6) ujicobamedia 7) revisimedia 8) ujicobapemakaian 9) revisimedia dan 10) produksimassal. Subyekpenelitianiniadalahpesertadidikkelas X AdministrasiPerkantoran SMK Negeri 1 Pasuruan. Metodepengumpulan data dalampenelitianinimenggunakanwawancara angket dantes. Sedangkaninstrumentpenelitiannyayaitulembarangketdanlembarpenilaiankreativitas. Hasilpenelitianberupa 1) pengembangan media pembelajarandikembangkandengan 10 langkah. a) potensidanmasalahmasihmenggunakan power point danbelummemiliki media pembelajaran. b) pengumpulan data dilakukandenganpemilihankompetensidasar yang sesuai. c) desain media dilakukanmenggunakanadobe flash professional cs5sebagai software utama. d) validasidesainolehahli media diperolehpersentase 98 33% termasukdalamkategorisangat valid danvalidasiolehahlimateridiperolehpersentase 91 67% termasukdalamkategorisangat valid. e) revisi media dilakukanuntukmemperbaiki media sesuaimasukanpadasaatvalidasiolehahli media danmateri. f) ujicoba media dilakukankepada 10 pesertadidikdenganhasilujicobasebesar 74 38%. g) revisi media dilakukanuntukmemperbaiki media sesuaimasukandariangketujicoba media. h) ujicobapemakaiandilakukankepada 36 pesertadidikkelas X APK 2. i) revisitidakdilakukankarenamendapatkanpersentase 85 38% termasukdalamkategorisangat valid. j) produksimasaldilakukandalambentuk CD. 2) hasilkelayakan mediapembelajarandiperolehhasil 98 33% dengankategorisangat valid. Sehinggadapatdisimpulkanbahwa media pembelajaranlayakdigunakanuntukpembelajaran. 3) kreativitaspesertadidikpadakelaseksperimensemusebelummenggunakan media diperolehnilai rata-rata 72 sedangkansesudahmenggunakan media diperolehnilai rata-rata 92. Untukkreativitaspesertadidikpadakelascontrolsebelummenggunakan media diperolehnilai rata-rata 68 sedangkansesudahproses pembelajarandiperolehnilai rata-rata 73.Hal inimenunjukkanbahwapenggunaan media pembelajarandapatmeningkatkankreativitaspesertadidikpadakelaseksperimensemulebihtinggidaripadakelaskontrolpadamateribuku digital matapelajaransimulasi digital. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 08 May 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29182

Actions (login required)

View Item View Item