Studi tingkat pengetahuan cedera dan tingkat kebugaran jasmani atlet e-sport Kota Batu - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi tingkat pengetahuan cedera dan tingkat kebugaran jasmani atlet e-sport Kota Batu

Ilahi, Ridho (2022) Studi tingkat pengetahuan cedera dan tingkat kebugaran jasmani atlet e-sport Kota Batu. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

E-Sport merupakan salah satu olahraga yang tidak saling bersentuhan antar atlet selama pertandingan berlangsung atau non kontak fisik sama halnya seperti olahraga bridge dan catur. Walaupun olahraga ini terbilang non kontak fisik bukan berarti para atletnya akan terhindar dari risiko cedera. Cedera pada E-Sport umunya terjadi pada bagian pergelangan tangan dan cedera tangan. Selain itu cedara E-Sport juga terjadi pada sistem muskuloskeletal. Duduk jangka waktu yang lama dan postur tubuh yang buruk merupakan penyebab utama cedera musculoskeletal. Dampak cedera pada atlet bisa mengancam karir mereka hal ini dibuktikan dengan banyaknya atlet yang mengalami cedera seperti Uzi atlet LPL yang menderita cedera pada bagian lengan lalu ada Olofmeister dan Guardian dari divisi CS GO mereka menderita sindrom carpal tunnel. Dengan dampak dan banyaknya atlet yang menderita cedera maka dari itu penelitian ini bertujuan untuk mencari tingkat pengetahuan atlet mengenai cedera pada dunia E-Sport. Rancangan dalam penelitian ini cross-sectional dengan menggunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kuantitatif. Jenis data pada penelitian adalah data primer yang didapatkan secara langsung kepada responden penelitian melalui hasil pengisian kuesioner. Hasil pengukuran pengetahuan penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas responden penelitian memiliki pengetahuan dalam kategori cukup mengenai cedera di dunia E-Sport. Dengan hasil ini diharapkan para atlet tetap menjaga serta terus menambah pengetahuanya khususnya tentang cedera E-Sport yang mana hal ini bisa menigkatkan prestasi atlet itu sendiri. Penanganan cedera E-Sport biasa di atasi bila setiap atlet memiliki kebugaran jasmani yang prima. Umumnya seorang atlet menghabiskan antara 8-12 jam sehari untuk berlatih gerakan dinamis dan berulang menggunakan mouse dan keyboard yang sering dikaitkan dengan postur tubuh yang kurang optimal. Bila diperhatikan atlet E-Sport jarang melakukan aktivitas fisik serta buruknya pola hidup hal ini bisa memicu penyebab cedera. Maka dari itu perlu dilakukan tes pengukuran kebugaran jasmani pada atlet untuk menghindari resiko cedera. Rancangan penelitian yang digunakan peneliti berupa analisa Multistage Fitness Test Handgrip Dynamometer Sit and Reach. Hasil dari penelitian ini bahwa didapatkan rata-rata 4 orang (40%) atlet mendapatkan nilai dalam kategori sedang dan 6 orang (60%) atlet mendapatkan nilai kategori kurang. Dapat ditarik kesimpulan bahwa rata-rata tingkat kebugaran jasmani atlet berada dalam tingkat kategori kurang. Hal ini harus menjadi perhatian khusus untuk para petinggi Esi kota Batu untuk memperhatikan kondisi kebugaran jasmani para atletnya supaya memiliki kondisi yang prima saat latihan maupun saat berkompetisi yang mana itu semua bisa menjadi salah satu pendukung tergapainya sebuah prestasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2022 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 08:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291783

Actions (login required)

View Item View Item