Pengaruh latihan skipping dan shuttle run terhadap kelincahan pada atlet UKM badminton UM / Rahma Dwi Amalia</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latihan skipping dan shuttle run terhadap kelincahan pada atlet UKM badminton UM / Rahma Dwi Amalia</p>

Amalia, Rahma Dwi (2023) Pengaruh latihan skipping dan shuttle run terhadap kelincahan pada atlet UKM badminton UM / Rahma Dwi Amalia</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Badminton adalah salah satu bentuk olahraga yang menggunakan raket dan shuttlecock (cock) yang dipukul agar dapat melintasi sebuah (net) sehingga shuttlecock tersebut dapat jatuh di bidang permainan lawan. Saat bermain badminton harus memiliki kelincahan yang baik agar dapat menjangkau shuttlecock dan mengembalikan ke lapangan lawan dengan mudah. Maka dari itu unsur kelincahan merupakan salah satu hal penting dalam badminton. Kelincahan merupakan kondisi seseorang yang dapat mengubah arah dan posisi dengan cepat dan tepat dan dilakukan bersama-sama dengan gerakan lain. Salah satu contoh latihan kelincahan yang dapat dilakukan ialah latihan Skipping dan Shuttle run. Latihan skipping adalah suatu aktifitas yang menggunakan tali dengan kedua ujung tali dipegang dengan kedua tangan lalu diayunkan melewati kepala sampai kaki sambil melompatinya. Sedangkan latihan shuttle run ialah aktifitas dimana atlet diintruksikan untuk lari dari pos sat uke pos dua yang telah ditentukan jaraknya dengan cepat. Kedua latihan ini memiliki manfaat untuk meningkatkan kinerja atlet dalam hal kelincahan. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimental. Desain dalam penelitian ini ialah two group pretest-posttest design yang pengambilan data menggunakan Illinois agility run test lalu membagi sampel menjadi kelompok latihan skipping dan shuttle run. Pembagian ini menggunakan teknik ordinal pairing dimana cara menentukan kelompok berdasarkan ranking yang menggunakan pola huruf ldquo S rdquo sehingga terjadi keseimbangan dalam pembuatan kelompok. Setelah ranking diketahui maka selanjutnya dilakukan latihan skipping dan shuttle run yang dilakukan selama 6 minggu dan tiap minggunya 3 kali pertemuan. Hasil penelitian dengan melakukan uji paired sample t-test data pretest dan posttest skipping diperoleh hasil nilai T 7 593 yang berarti tingkat signifikansi sebesar 0 000 lt 0 05. Sedangkan hasil data pretest posttest shuttle run diperoleh nilai T 6 096 yang berarti tingkat signifikansi sebesar 0 000 lt 0 05. Dalam hal ini dapat disimpulkan bahwa kedua latihan tersebut sama berpengaruhnya dalam meningkatkan kelincahan atlet UKM Badminton UM. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah bahwa program latihan skipping dan shuttle run yang diberikan terbukti dapat meningkatkan kemampuan kelincahan pada atlet UKM Badminton Universitas Negeri Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291780

Actions (login required)

View Item View Item