Penerapan teknik peer assessment menggunakan model talking stick kolaborasi demonstrasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan (studi pada peserta didik kelas XII APK SMK PGRI Turen) / Tridewiningsih - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan teknik peer assessment menggunakan model talking stick kolaborasi demonstrasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan (studi pada peserta didik kelas XII APK SMK PGRI Turen) / Tridewiningsih

Tridewiningsih (2017) Penerapan teknik peer assessment menggunakan model talking stick kolaborasi demonstrasi untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar pada mata pelajaran administrasi humas dan keprotokolan (studi pada peserta didik kelas XII APK SMK PGRI Turen) / Tridewiningsih. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Tridewiningsih. 2017. Penerapan Teknik Peer Asessment Menggunakan Model Talking Stick Kolaborasi Demonstrasi untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Administrasi Humas dan Keprotokolan (Studi pada Peserta Didik Kelas XII APK SMK PGRI Turen) . Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. H. Heri Pratikto M.Si. Kata Kunci Teknik Peer Asessment Model Talking Stick Model Demonstrasi Motivasi Hasil Belajar. Pada dasarnya setiap perubahan yang terjadi dalam kurikulum umumnya merupakan proses pengembangan dari kurikulum sebelumnya. Banyak faktor yang menyebabkan perubahan-perubahan tersebut terjadi Salah satunya adalah kondisi yang terjadi di lapangan dan kemajuan zaman. Kini peningkatan kualitas pendidikan menjadi perhatian bagi pemerintah. Berbagai upaya dilakukan oleh pemerintah untuk meningkatkan kualitas pendidikan. Salah satu komponen yang menjadi sasaran peningkatan kualitas pendidikan adalah sistem pembelajaran di kelas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Implementasi teknik Peer Asessment dan model Talking Stick Kolaborasi Demonstrasi. (2) Mengetahui ada atau tidaknya peningkatan motivasi belajar peserta didik dengan mererapkan teknik Peer Asessment menggunakan model Talking Stick Kolaborasi Demonstrasi. (3) Mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan mererapkan teknik Peer Asessment menggunakan model Talking Stick Kolaborasi Demonstrasi. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas XII Administrasi Perkantoran (APK) SMK PGRI Turen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini dilakukan melalui dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Temuan penelitian menunjukkan bahwa (1) Implementasi Peer Asessment menggunakan model Talking Stick Kolaborasi Demonstrasi dapat terlaksana dengan sangat baik. (2) Terdapat peningkatan motivasi belajar peserta didik setelah diterapkannya teknik Peer Asessment menggunakan model Talking Stick Kolaborasi Demonstrasi. (3) Terdapat peningkatan hasil belajar peserta didik baik dalam ranah kognitif maupun psikomotor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29178

Actions (login required)

View Item View Item