Pengaruh latihan beban terhadap perubahan kadar leptin pada perempuan obesitas / Muhammad Faturrachman Wahid - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh latihan beban terhadap perubahan kadar leptin pada perempuan obesitas / Muhammad Faturrachman Wahid

Wahid, Muhammad Faturrachman Wahid (2022) Pengaruh latihan beban terhadap perubahan kadar leptin pada perempuan obesitas / Muhammad Faturrachman Wahid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemicu terjadinya obesitas dapat disebabkan oleh pola hidup kurang sehatnya pola makan dan minimalnya aktivitas fisik. Obesitas dikaitkan dengan resistensi leptin dimana individu menunjukkan peningkatan kebutuhan energi serta tingkat aktivitas fisik yang lebih rendah meskipun tingkat leptin yang bersirkulasi lebih tinggi. Tujuan atas penelitian yang peneliti lakukan yakni dalam rangka melakukan analisis pengaruh latihan beban terhadap perubahan konsentrasi leptin pada perempuan obesitas. Metode true experimental digunakan pada penelitain ini dengan rancangan penelitian the randomized pretest-posttest control group design. Subjek yang diteliti ialah 18 perempuan obesitas berusia 20 ndash 25 tahun di Kota Malang dengan Indeks Massa Tubuh 25-30 kg/m2. Subjeknya terbagi atas dua kelompok kelompok kontrol (K1) serta latihan beban (K2). Teknik analisis melalui bantuan SPSS 21 serta diuji melalui Paired Samples T-Test yang bertingkat signifikansi 5%. Hasilnya memperlihatkan p-value yang bernilai 0.724 (p gt 0.05) maka tak ditemukan perbedaan rata-rata kadar leptin yang signifikan saat pretest pada K1 dan K2 sedangkan rata-rata leptin posttest menunjukkan nilai p-value 0.000 (p lt 0.05) serta p-value delta menunjukkan nilai 0.002 (p lt 0.05). Hasil penelitian menunjukkan bahwa latihan beban yang dilakukan dengan intensitas sedang berfrekuensi tiga kali di tiap minggunya dalam waktu total delapan minggu memiliki tingkat keefektifitasan yang tinggi terkait penurunan kadar leptin pada perempuan obesitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S1 Ilmu Keolahragaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 May 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291778

Actions (login required)

View Item View Item