Nurjanawati, Lusi (2017) Penerapan kolaborasi model pembelajaran guided inquiry dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik (studi pada standart kompetensi dasar menerapkan sistem penyimpanan arsip kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Nurjanawati Lusi. 2017. PenerapanKolaborasi Model PembelajaranGuided Inquiry BerbasisMetodeDemonstrasiuntukMeningkatkanMinatBelajardanHasilBelajarPesertaDidik FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I NyomanSuputra M.Si. Kata kunci Guided Inquiry Demonstrasi MinatBelajar HasilBelajar Pendidikanmerupakanfaktorutama yang mempunyaiperananuntukmeningkatkankualitassumberdayamanusia (SDM) terutamadalampembangunan. Kemajuanpembangunanselaludiupayakanseiringdenganperkembanganzaman. Salah satuupayapemerintahuntukmencerdaskankehidupanbangsaadalahdenganmeningkatkanmutupendidikan. Melaluipendidikan watakdankemampuanmanusiadibentuksecarautuhuntukmenghadapitantanganperkembanganzaman yang semakinberat. TujuandilaksanakanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanminatbelajardanhasilbelajarpesertadidikdalammaterisistempenyimpananarsipmatapelajaranKearsipanpadapesertadidikkelasX semester II SMK Muhammadiyah 2 Malang tahunpelajaran 2016/2017melaluiPenerapanKolaborasi Model PembelajaranGuided Inquiry BerbasisMetodeDemonstrasi. Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Subjekpenelitianiniadalah 18 orang pesertadidik yang terdiriatas1 siswalaki-lakidan 17siswaperempuan. Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus setiapsiklusterdapatduapertemuan.Data hasilpenelitiandiperolehdaripemberianpre testdanpost test angket observasi danwawancara. HasilpenelitianmenunjukanbahwaPenerapanKolaborasi Model Pembelajara Guided Inquiry BerbasisMetodeDemonstrasidapatmeningkatkanminatbelajardanhasilbelajarpesertadidik terlihatdarihasilpesertadidikpadasiklus I mengalamipeningkatandariketuntansan 16 67% menjadi 94 44% siklus II jugamengalamipeningkatandariketuntasan 5 56% menjadi 100%. Dari pengelolahanangketminatbelajarmenggunakan SPSS terdapatpeningkatanminatbelajardari rata-rata sebelum 80 06 menjadi rata-rata sesudah 85 67 jaditerdapatpeningkatansebanyak 5 61 dengan tarafsignifikansisebesar 0 007 dandiperoleh t hitungsebesar 448 -4 279 448 . Dengandemikian makadapatdiketahuibahwaPenerapanKolaborasi Model PembelajaranGuided Inquiry BerbasisMetodeDemonstrasidapatmeningkatkanminatbelajardanhasilbelajarpadamaterisistempenyimpananarsip pesertadidikKelas X Semester II SMK Muhammadiyah 2 Malang TahunPelajaran 2016/2017.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 11 Apr 2017 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2017 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/29177 |
Actions (login required)
View Item |