Penerapan kolaborasi model pembelajaran guided inquiry dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik (studi pada standart kompetensi dasar menerapkan sistem penyimpanan arsip kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan kolaborasi model pembelajaran guided inquiry dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik (studi pada standart kompetensi dasar menerapkan sistem penyimpanan arsip kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah

Nurjanawati, Lusi (2017) Penerapan kolaborasi model pembelajaran guided inquiry dengan metode demonstrasi untuk meningkatkan minat belajar dan hasil belajar peserta didik (studi pada standart kompetensi dasar menerapkan sistem penyimpanan arsip kelas X Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nurjanawati Lusi. 2017. PenerapanKolaborasi Model PembelajaranGuided Inquiry BerbasisMetodeDemonstrasiuntukMeningkatkanMinatBelajardanHasilBelajarPesertaDidik FakultasEkonomi UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (1) Drs. I NyomanSuputra M.Si. Kata kunci Guided Inquiry Demonstrasi MinatBelajar HasilBelajar Pendidikanmerupakanfaktorutama yang mempunyaiperananuntukmeningkatkankualitassumberdayamanusia (SDM) terutamadalampembangunan. Kemajuanpembangunanselaludiupayakanseiringdenganperkembanganzaman. Salah satuupayapemerintahuntukmencerdaskankehidupanbangsaadalahdenganmeningkatkanmutupendidikan. Melaluipendidikan watakdankemampuanmanusiadibentuksecarautuhuntukmenghadapitantanganperkembanganzaman yang semakinberat. TujuandilaksanakanpenelitianiniadalahuntukmeningkatkanminatbelajardanhasilbelajarpesertadidikdalammaterisistempenyimpananarsipmatapelajaranKearsipanpadapesertadidikkelasX semester II SMK Muhammadiyah 2 Malang tahunpelajaran 2016/2017melaluiPenerapanKolaborasi Model PembelajaranGuided Inquiry BerbasisMetodeDemonstrasi. Jenispenelitianiniadalahpenelitiantindakankelas.Subjekpenelitianiniadalah 18 orang pesertadidik yang terdiriatas1 siswalaki-lakidan 17siswaperempuan. Penelitianinidilaksanakandalamduasiklus setiapsiklusterdapatduapertemuan.Data hasilpenelitiandiperolehdaripemberianpre testdanpost test angket observasi danwawancara. HasilpenelitianmenunjukanbahwaPenerapanKolaborasi Model Pembelajara Guided Inquiry BerbasisMetodeDemonstrasidapatmeningkatkanminatbelajardanhasilbelajarpesertadidik terlihatdarihasilpesertadidikpadasiklus I mengalamipeningkatandariketuntansan 16 67% menjadi 94 44% siklus II jugamengalamipeningkatandariketuntasan 5 56% menjadi 100%. Dari pengelolahanangketminatbelajarmenggunakan SPSS terdapatpeningkatanminatbelajardari rata-rata sebelum 80 06 menjadi rata-rata sesudah 85 67 jaditerdapatpeningkatansebanyak 5 61 dengan tarafsignifikansisebesar 0 007 dandiperoleh t hitungsebesar 448 -4 279 448 . Dengandemikian makadapatdiketahuibahwaPenerapanKolaborasi Model PembelajaranGuided Inquiry BerbasisMetodeDemonstrasidapatmeningkatkanminatbelajardanhasilbelajarpadamaterisistempenyimpananarsip pesertadidikKelas X Semester II SMK Muhammadiyah 2 Malang TahunPelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29177

Actions (login required)

View Item View Item