Pengembangan modul administrasi humas dan keprotokolan berbasis masalah pada kompetensi dasar mendeskripsikan ruang lingkup perjalanan dinas pimpinan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII APK di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Sadha Fikriyatul Choi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi humas dan keprotokolan berbasis masalah pada kompetensi dasar mendeskripsikan ruang lingkup perjalanan dinas pimpinan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII APK di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Sadha Fikriyatul Choi

Choiroh, Sadha Fikriyatul (2017) Pengembangan modul administrasi humas dan keprotokolan berbasis masalah pada kompetensi dasar mendeskripsikan ruang lingkup perjalanan dinas pimpinan untuk meningkatkan hasil belajar siswa (studi pada siswa kelas XII APK di SMK Negeri 1 Pasuruan) / Sadha Fikriyatul Choi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fikriyatul S.C. 2017. Pengembangan Modul Administrasi Humas dan Keprotokolan Berbasis Masalah Pada Kompetensi Dasar Mendeskripsikan Ruang Lingkup Perjalanan Dinas Pimpinan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa (Studi Pada Siswa Kelas XII APK di SMK Negeri 1 Pasuruan). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. Moh. Arief M.Si. Kata kunci Administrasi Humas dan Keprotokolan berbasis masalah hasil belajar modul pembelajaran Peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia kerap kali dilakukan. Pemerintah telah melakukan perubahan terhadap Kurikulum yang di kenal dengan Kurikulum 2013. Diberlakukannya Kurikulum 2013 menuntut siswa untuk lebih aktif kreatif dan inovatif dalam setiap pemecahan masalah yang mereka hadapi di sekolah. Namun terdapat beberapa tantangan yang dihadapi dalam penerapan Kurikulum 2013. Salah satunya adalah kurangnya bahan ajar yang menggunakan Kurikulum 2013 dalam proses belajar mengajar sehingga bahan ajar yang ada tidak sesuai dengan kebutuhan siswa saat ini. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah (1) menghasilkan Modul Administrasi Humas dan Keprotokolan berbasis masalah pada kompetensi dasar Mendeskripsikan Ruang Lingkup Perjalanan Dinas Pimpinan untuk siswa SMK kelas XII program keahlian Administrasi Perkantoran (2) mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi (3) mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rancangan penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model 4D oleh Thiagarajan Semmel dan Semmel (1974) (dalam Trianto 2007 65) yang terdiri dari 4 tahap pengembangan yaitu Define Design Develop dan Disseminate atau diadaptasi menjadi model 4-P. Berdasarkan hasil validasi nilai dari ahli modul sebesar 97 85% ahli materi sebesar 97 39% dan uji kelompok kecil 91 72% diketahui bahwa modul dinyatakan valid dan layak untuk digunakan sebagai bahan ajar. Modul juga dikatakan dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditinjau dari peningkatan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen sebesar 4 42 dibandingkan peningkatan kelas kontrol sebesar 2 05. Saran yang diberikan untuk pengembangan modul selanjutnya adalah (1) perlu dikembangkan modul pada kompetensi dasar lainnya (2) pengembangan modul lebih menarik dengan metode yang bervariatif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29176

Actions (login required)

View Item View Item