Penerapan model pembelajaran carousel feedback dan TSTS (Two Stay Two Stray) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi keuangan (studi pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Linda Herlina - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran carousel feedback dan TSTS (Two Stay Two Stray) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi keuangan (studi pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Linda Herlina

Herlina, Linda (2017) Penerapan model pembelajaran carousel feedback dan TSTS (Two Stay Two Stray) untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi keuangan (studi pada siswa kelas XII Administrasi Perkantoran SMK PGRI Turen) / Linda Herlina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Herlina Linda 2017. Penerapan Model Pembelajaran Carousel Feedback dan TSTS (Two Stay Two Stray) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Administrasi Keuangan (Studi Pada Siswa Kelas XII ADM SMK PGRI Turen). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Budi Eko Soetjipto M.Ed M.Si. Kata Kunci Model Carousel Feedback Model TSTS (Two Stay Two Stray) Keaktifan Hasil Belajar Era globalisasi yang semakin berkembang seakan tidak dapat dihindari menuntut masyarakat dunia untuk terlibat di dalamnya. Kualitas dan mutu pendidikan merupakan suatu hal yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Penelitian ini dilakukan karena terdapat beberapa kendala yaitu (1) Guru masih menggunakan metode ceramah (2) Interaksi antara siswa dan guru kurang (3) Kemampuan siswa untuk mengungkapkan pendapat masih kurang (4) Guru kesulitan meningkatkan keaktifan siswa (5) Hasil belajar siswa masih banyak di bawah KKM.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis (1) Implementasi model pembelajaran Carousel Feedback pada mata pelajaran Administrasi Keuangan (2) Implementasi model pembelajaranTSTS (Two Stay Two Stray) pada mata pelajaran Administrasi Keuangan (3) Keaktifan siswa setelah penerapan model pembelajaran Carousel Feedback dan TSTS (4) Hasil belajar siswa setelah penerapan model pembelajaran Carousel Feedback dan TSTS. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XII ADM SMK PGRI Turen. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara observasi dokumentasi tes dan catatan lapangan. Prosedur penelitian tindakan kelas ini menggunakan dua siklus dimana tiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan tiap pertemuan terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Penerapan model pembelajaran Carousel Feedback dan TSTS dapat diterapkan dengan baik dan mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 93 75% dan siklus II sebesar 100%. Keaktifan siswa setelah penerapan model pembelajaran Carousel Feedback dan TSTS mengalami peningkatan dari 57% di siklus I dan 86% di siklus II. Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan dari siklus I ketuntasan klasikal sebesar 87% dan siklus II sebesar 100%. Berdasarkan analisis data tersebut diperoleh simpulan penelitian bahwa penerapan model pembelajaran Carousel Feedback dan TSTS terbukti dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29175

Actions (login required)

View Item View Item