Pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang) / Novita Wulandari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang) / Novita Wulandari

Wulandari, Novita (2017) Pengembangan modul administrasi kepegawaian berbasis problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik (studi pada peserta didik kelas XI Program Keahlian Administrasi Perkantoran SMK PGRI 2 Malang) / Novita Wulandari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wulandari Novita. 2017. Pengembangan Modul Administrasi Kepegawaian Berbasis Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik (Studi Pada Peserta didik Kelas XI Program Studi Administrasi Perkantoran di SMK PGRI 2 Malang. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. H. Mohammad Arief M.Si Kata kunci modul problem based learning administrasi kepegawaian hasil belajar Sesuai dengan kurikulum 2013 yang bercirikan peserta didik sebagai pusat pembelajaran serta menciptakan kondisi belajar yang aktif guna untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Maka modul yang mampu memenuhi kriteria tersebut adalah modul berbasis Problem Based Learning dimana dalam modul ini akan disajikan latihan-latihan soal berupa studi kasus. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk (1) Menghasilkan modul Administrasi Kepegawaian berbasis Problem Based Learning kelas XI program keahlian APK pada kompetensi dasar mengemukakan daftar urut kepangkatan mengemukakan peraturan cuti mengemukakan peraturan perawatan tunjangan cacad dan uang duka (2) Untuk mengetahui kelayakan modul yang telah dikembangkan melalui hasil validasi ahli modul dan ahli materi (3) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode 4D yang terdiri dari empat tahapan yakni define design develop dan desseminate. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data kualitatif yakni data yang diperoleh dari hasil dari kritik dan saran yang diberikan oleh validator yakni ahli modul ahli materi dan 6 peserta didik sebagai subjek uji kelompok kecil. Sedangkan data kuantitatif adalah hasil penilaian dari ahli modul ahli materi dan 6 subjek uji coba kelompok kecil kemudian hasil observasi aktivitas belajar siswa serta hasil belajar dari 32 subjek kelas kontrol dan 36 subjek kelas eksperien. Hasil dari validasi yang dilakukan modul dikatakan layak dan valid dengan perolehan nilai sebesar 96 6% dari ahli modul 90 85% dari ahli materi dan 83 45% dari user atau peserta didik. Penelitian dan pengembangan modul terbukti dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan perolehan hasil rata-rata nilai post test pada kelas eksperimen sebesar 91 93. Hasil tersebut lebih tinggi dari perolehan rata-rata nilai post test pada kelas kontrol yakni 79 21 dengan selisih 12 71. Dari perolehan perbedaan nilai rata-rata pada kelas eksperimen dan kelas kontrol tersebut maka modul yang dikembangkan efektif digunakan dalam proses pembelajaran guna untuk meninggkatkan hasil belajar peserta didik. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Apr 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29174

Actions (login required)

View Item View Item