Studi pembangkit listrik tenaga pikohidro untuk desa terpencil / Windy Agung Willantoro - Repositori Universitas Negeri Malang

Studi pembangkit listrik tenaga pikohidro untuk desa terpencil / Windy Agung Willantoro

Willantoro, Windy Agung (2022) Studi pembangkit listrik tenaga pikohidro untuk desa terpencil / Windy Agung Willantoro. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai sumber terbarukan telah dimanfaatkan untuk meningkatkan produksi energi listrik. Salah satu sumber energi terbarukan yang saat ini paling banyak digunakan adalah air. Potensi air dengan debit kecil dan head rendah di Indonesia masih jarang digunakan sebagai sumber energi pembangkit listrik. Wilayah Indonesia sendiri memiliki potensi air untuk Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro (PLTPH) kurang lebih 17% dari jumlah keseluruhan potensi air di Indonesia. Namun masih sebesar 1 33% kapasitas pembangkit yang telah terpasang dari keseluruhan potensi pembangkit pikohidro Perancangan Pembangkit Listrik Tenaga Pikohidro (PLTPH) merupakan salah satu upaya pemanfaatan potensi air dengan debit dan head rendah sebagai sumber energi pembangkit listrik. Sistem dan komponen PLTPH dirancang umtuk menghasilkan daya listrik kurang dari 5 kW. Sebuah sistem PLTPH berdaya 1 kW dirancang pada aliran air Sumber Wisata Ngesong sebagai upaya peningkatan penggunaan potensi air dan sebagai sarana penerangan di sekitar lokasi wisata. Dalam penelitian ini rancangan PLTPH menggunakan turbin jenis turbin kaplan sebagai penggerak generator. Turbin kaplan memiliki efisiensi yang tinggi ketika digunakan pada head dan debit yang relatif rendah. Debit air yang konstan juga menjadi keunggulan di lokasi tersebut. Perancangan turbin akan mempertimbangkan kondisi medan tinggi head dan debit air material komponen dan lainnya. Sistem ini menggunakan baterai sebagai back-up daya dalam aplikasinya. Energi listrik dari PLTPH akan dihubungkan dengan lampu LED yang dipasang di Sumber Wisata Ngesong Desa Punten Kota Batu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2022 04:29
Last Modified: 21 Dec 2023 07:08
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291720

Actions (login required)

View Item View Item