Sistem kontrol dan monitoring fodder jagung hidroponik berbasis internet of things / Rizky Vida Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Sistem kontrol dan monitoring fodder jagung hidroponik berbasis internet of things / Rizky Vida Kurniawan

Kurniawan, Rizky Vida Kurniawan (2022) Sistem kontrol dan monitoring fodder jagung hidroponik berbasis internet of things / Rizky Vida Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketersediaan pakan ternak merupakan faktor terpenting dalam berternak. Pakan hijauan di alam liar terbatas dan sangat berpengaruh pada musim. Fodder merupakan istilah untuk tanaman yang digunakan sebagai pakan ternak untuk menyediakan nutrien yang diperlukan ternak yang dapat berupa hijauan biji-bijian maupun umbi. Hidroponik merupakan suatu istilah untuk bercocok tanam tanpa menggunakan tanah sebagai media tanamnya serta menggunakan nutrisi esensial yang dilarutkan dalam air. Kelebihan dari bertanam fodder secara hidroponik adalah produksi tanaman per satuan luas lebih banyak penggunaan pupuk yang lebih hemat dan pemakaian air yang lebih efisien. Adapun fodder jagung hidroponik merupakan keseluruhan dari tanaman jagung yang telah disemai selama 14 hari. Namun fodder jagung hidroponik perlu penyiraman 3 kali sehari agar biji jagung tidak kering. Agar fodder jagung dapat bekerja secara optimal maka perlu diperlukan suatu sistem untuk mempermudah peternak dalam memantau dan kontrol parameter yang dibutuhkan secara otomatis. Alternatif yang diberikan pada penelitian ini adalah pembuatan sistem kontrol dan monitoring fodder jagung hidroponik berbasis internet of things. Sistem ini dapat melakukan monitoring terhadap nilai suhu udara kelembapan udara pH air nilai kepekatan larutan dalam air dan level ketinggian pada tandon air kemudian parameter yang dikontrol adalah pengisian air pada bak penyiraman pemberian pupuk organik cair dan penyiraman secara otomatis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Elektro (TE) > S1 Teknik Elektro
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291716

Actions (login required)

View Item View Item