Evaluasi tingkat kerusakan perkerasan jalan menggunakan metode pavement condition index (PCI) dan metode lendutan balik untuk penyusunan penanganan jalan (studi kasus: Jalan Lingkar Barat, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang) / Fernando Diotara Mahardika</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi tingkat kerusakan perkerasan jalan menggunakan metode pavement condition index (PCI) dan metode lendutan balik untuk penyusunan penanganan jalan (studi kasus: Jalan Lingkar Barat, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang) / Fernando Diotara Mahardika</p>

Mahardika, Fernando Diotara (2023) Evaluasi tingkat kerusakan perkerasan jalan menggunakan metode pavement condition index (PCI) dan metode lendutan balik untuk penyusunan penanganan jalan (studi kasus: Jalan Lingkar Barat, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang) / Fernando Diotara Mahardika</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kerusakan jalan merupakan salah satu permasalahan kompleks yang terjadi hampir di setiap daerah di Indonesia tidak jarang kerusakan jalan ini terjadi sebelum rencana umur jalan berakhir. Lalu lintas yang tinggi di jalan raya secara bertahap akan menurunkan kualitasnya sebelum mencapai umur layanannya. Penurunan kualitas perkerasan mengakibatkan kerusakan pada permukaan jalan serta kerusakan secara struktural. Kerugian yang diderita akibat dari kerusakan jalan sungguh besar terutama bagi pengguna jalan seperti terjadinya waktu tempuh yang lama kemacetan kecelakaan lalu lintas dan lain-lain. Oleh karena itu perlu dilakukan analisis kerusakan jalan untuk dapat ditentukan jenis penanganan yang sesuai. Tujuan penelitian ini yaitu 1) Mendeskripsikan tingkat kerusakan jalan berdasarkan metode PCI pada Ruas Jalan Lingkar Barat 2) Mendeskripsikan tingkat kerusakan jalan berdasarkan metode lendutan balik pada Ruas Jalan Lingkar Barat 3) Membandingkan jenis penanganan dari kedua metode pada ruas Jalan Lingkar Barat. Analisis menggunakan metode PCI dilakukan berdasarkan Pedoman Penentuan Indeks Kondisi Perkerasan (IKP) Pd 01-2016-B. Sedangkan untuk metode lendutan balik analisis dilakukan berdasarkan Pedoman Perencanaan Tebal Lapis Tambah Perkerasan Lentur dengan Metode Lendutan Pd T-05-2005-B dan Manual Perkerasan Jalan (Revisi Juni 2017) Nomor 04/SE/Db/2017. Data yang digunakan pada penelitian ini merupakan data primer yang didapatkan melalui survei lapangan dan data sekunder berupa data ruas jalan yang diperoleh dari Dinas PUPR Kabupaten Malang. Hasil dari penelitian ini diperoleh 1) Tingkat kerusakan jalan pada ruas Jalan Lingkar Barat Kecamatan Kepanjen dari arah Malang ke Blitar berdasarkan metode PCI adalah sedang dengan nilai PCI ruas sebesar 56 88. 2) Tingkat kerusakan jalan pada ruas Jalan Lingkar Barat Kecamatan Kepanjen dari arah Malang ke Blitar berdasarkan metode lendutan balik didapatkan nilai CESA sebesar 6.493.504 43 ESA4 dan nilai lendutan wakil sebesar 2 911 mm. 3) Jenis penanganan dari kedua metode yaitu peningkatan struktural untuk metode PCI dan rekonstruksi untuk metode lendutan balik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291709

Actions (login required)

View Item View Item