Analisis eksperimental pengaruh nano aditif copper oxide (cuo) dengan campuran diesel-biodiesel minyak jelantah terhadap karakteristik performa dan emisi mesin diesel / Baihaqie Danuputra Sudrajat - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis eksperimental pengaruh nano aditif copper oxide (cuo) dengan campuran diesel-biodiesel minyak jelantah terhadap karakteristik performa dan emisi mesin diesel / Baihaqie Danuputra Sudrajat

Sudrajat, Baihaqie Danuputra Sudrajat (2023) Analisis eksperimental pengaruh nano aditif copper oxide (cuo) dengan campuran diesel-biodiesel minyak jelantah terhadap karakteristik performa dan emisi mesin diesel / Baihaqie Danuputra Sudrajat. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sektor energi Indonesia mengalami peningkatan konsumsi bahan bakar fosil. Transportasi adalah konsumen bahan bakar fosil terbesar di Indonesia dengan lebih dari 133 juta kendaraan pada tahun 2022. Namun penggunaan bahan bakar fosil berdampak negatif terhadap lingkungan dengan emisi pembakaran menjadi sumber polusi udara dan emisi gas rumah kaca yang signifikan. Pembakaran bahan bakar fosil juga menghadirkan risiko kesehatan yang serius bagi manusia. Untuk mengatasi masalah ini Indonesia melakukan transisi ke sumber energi terbarukan dan skema dekarbonisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi masalah tersebut dengan menggunakan biodiesel berbahan dasar minyak jelantah. Dengan menggunakan campuran bahan bakar B30 dilakukan penelitian menggunakan campuran nano aditif copper oxide (CuO) yang di uji menggunakan mesin diesel Nissan Mazda R2 2200 CC 4 Silinder dan uji opasitas gas buang menggunakan Smoke Tester OP-201. Rancangan penelitian ini dimulai dengan sintesis minyak jelantah menjadi biodiesel murni melalui metode transesterifikasi. Setelah biodiesel jadi pencampuran dilakukan dengan diesel sebanyak 30% dan biodiesel 70% selama 30 menit. Setelah sampel B30 selesai maka dicampur dengan nano aditif nanopartikel CuO menggunakan metode sonikasi sehingga didapatkan sampel yakni D100 B100 B30 B30CuO50 B30CuO75 dan B30CuO100. Hasil penelitan didapatkan physicochemical properties bahan bakar berupa komponen senyawa B100 yaitu methyl oleate dengan peak area 60 22% gugus fungsi berupa alkena aromatic eter yang didapatkan dari uji FTIR. Densitas tertinggi dimiliki oleh B30CuO dengan nilai 830 kg/m3 . Viskositas kinematik tertinggi pada B30CuO50 dengan nilai 4 341 cSt. Flash point tertinggi oleh sampel B30CuO50 yakni 95 C. Nilai kalor tertinggi yakni pada B30CuO100 dengan nilai 41 926 MJ/kg. Performa diesel berupa torsi dengan nilai tertinggi B30CuO100 dengan 56 290 Nm 1800 rpm. Daya efektif oleh B30CuO100 dengan nilai 14 224 2200 rpm. Konsumsi bahan bakar spesifik terkecil yakni sampel B30CuO100 dengan nilai 0 088 kg/HP.jam 1800 rpm. Efisiensi termal terbesar dimiliki oleh B30CuO100 dengan nilai 72% 1800 rpm. Opasitas asap tertinggi oleh B30 1800 rpm dengan nilai opasitas sekitar 12%. Nilai opasitas asap terendah B30CuO 2200 rpm dengan nilai 4%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Mesin (TM) > S1 Teknik Mesin
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291669

Actions (login required)

View Item View Item