Penguatan umkm melalui inovasi “lapak umkm” sebagai upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi / Dimas Arys Prasetyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Penguatan umkm melalui inovasi “lapak umkm” sebagai upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi / Dimas Arys Prasetyo

Prasetyo, Dimas Arys Prasetyo (2022) Penguatan umkm melalui inovasi “lapak umkm” sebagai upaya pemulihan ekonomi di masa pandemi / Dimas Arys Prasetyo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi covid-19 merubah tatanan ekonomi global dan berdampak pada ekonomi Indonesia salah satunya disektor Usaha Mikro Kecil amp Menengah. Oleh karena itu diperlukan inovasi sebagai upaya pemulihan ekonomi. Kota Madiun melakukan inovasi ldquo Lapak UMKM rdquo suatu program berbasis ekonomi lokal yang tersebar di 27 kelurahan yang ada di Kota Madiun. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui peranan penguatan UMKM melalui inovasi Lapak UMKM terhadap pemulihan ekonomi akibat Covid-19 di Kota Madiun. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan analisis deskriptif. Penelitian ini menggunakan data yang didapatkan secara langsung dilapangan melalui observasi dokumentasi dan wawancara dan data sekunder yang didapat melalui website instansi yang terkait. Sampel penelitian diambil menggunakan teknik purposive sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan UMKM melalui inovasi Lapak UMKM (1) Inovasi Lapak UMKM secara efektif berhasil meningkatkan pemberdayaan masyarakat (2) Inovasi Lapak UMKM berhasil meningkatkan kemandirian usaha dan meningkatkan omzet UMKM (3) Inovasi Lapak UMKM berhasil memulihkan perekonomian berbasis ekonomi lokal. (4) Masih banyak kekurangan dalam pelaksanaan inovasi Lapak UMKM khususnya dalam bidang pengelolaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291654

Actions (login required)

View Item View Item