Faktor-faktor yang memengaruhi ketimpangan pendapatan di kabupaten lumajang tahun 2015-2020 / Ardita Prita Sari - Repositori Universitas Negeri Malang

Faktor-faktor yang memengaruhi ketimpangan pendapatan di kabupaten lumajang tahun 2015-2020 / Ardita Prita Sari

Sari, Ardita Prita Sari (2023) Faktor-faktor yang memengaruhi ketimpangan pendapatan di kabupaten lumajang tahun 2015-2020 / Ardita Prita Sari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ketimpangan ekonomi dan sosial sangat tergantung dari pendapatan penduduk. Hal ini dilatar belakangi oleh tingkat pendidikan keahlian pertumbuhan jumlah penduduk dan inflasi. Dua masalah besar yang banyak dihadapi oleh negara berkembang adalah masalah ketimpangan dan kesenjangan ekonomi adanya ketimpangan distribusi kelompok dengan pendapatan tinggi dan kelompok dengan pendapatan rendah. Semakin besar gap antara kedua kelompok pendapatan maka semakin banyak variabel yang menyebabkan perbedaan tersebut hal tersebut memang tidak dapat dihindari karena adanya trickle down effect dari output pembangunan nasional yang sampai saat ini masih dinikmati oleh beberapa kelompok saja. Keberhasilan pembangunan ekonomi hanya dinikmati oleh 20% dari jumlah penduduk sementara 80% penduduk masih hidup dalam ketertinggalan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Angka Kemiskinan Jumlah Penduduk dan IPM terhadap ketimpangan pendapatan di Kabupaten Lumajang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan analisa regresi linier berganda. Data diolah dengan menggunakan SPSS.25. Hasil analisis data menunjukan Angka Kemiskinan Jumlah Penduduk dan IPM tidak berpengaruh terhadap ketimpangan pendapatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Ekonomi Pembangunan (EKP) > S1 Ekonomi dan Studi Pembangunan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291653

Actions (login required)

View Item View Item