Analisis penerapan green accounting dalam upaya mendukung keberlangsungan usaha (studi kasus pada PT. PG. Candi Baru Sidoarjo) - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis penerapan green accounting dalam upaya mendukung keberlangsungan usaha (studi kasus pada PT. PG. Candi Baru Sidoarjo)

Afifah, Alifatul (2022) Analisis penerapan green accounting dalam upaya mendukung keberlangsungan usaha (studi kasus pada PT. PG. Candi Baru Sidoarjo). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memahami penerapan green accounting dalam mendukung keberlangsungan usaha. Metodologi studi kasus digunakan dalam penelitian kualitatif ini dan objek penelitiannya dilakukan di PT. PG. Candi Baru Sidoarjo. Teori legitimasi digunakan dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara pada tiga pegawai PT. PG. Candi Baru Sidoarjo petani tebu dan warga Bligo. Tiga pegawai merupakan Staf Sub-seksi Akuntansi Staf Sub-seksi Keuangan Staf Sub-seksi Quality Control. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa PT. PG. Candi Baru Sidoarjo telah melaksanakan green accounting mulai tahun 2004 dikarenakan adanya komplain dari masyarakat. Green accounting telah dilaksanakan dengan mengeluarkan biaya lingkungan yang diakui sebagai biaya limbah dan biaya pemeliharaan. Terkait pelaporannya masih menjadi satu dengan laporan keuangan. Penerapan green accounting sangat berperan penting dalam mendukung keberlangsungan usaha perusahaan. Hal ini dibuktikan dengan limbah yang dihasilkan perusahaan sudah tidak mencemari lingkungan meningkatnya perolehan laba pada PT. PG. Candi Baru setelah penerapan green accounting. Selain itu tidak ada lagi komplain dari masyarakat mengenai pencemaran lingkungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Jun 2022 04:29
Last Modified: 26 Mar 2024 06:38
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291627

Actions (login required)

View Item View Item