Praktik tata kelola wakaf uang pada koperasi masjid sabilillah kota malang / Fitri Khusnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Praktik tata kelola wakaf uang pada koperasi masjid sabilillah kota malang / Fitri Khusnul Khotimah

Khotimah, Fitri Khusnul Khotimah (2022) Praktik tata kelola wakaf uang pada koperasi masjid sabilillah kota malang / Fitri Khusnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wakaf merupakan bagian dari sektor keuangan sosial Islam dan memiliki potensi membantu mengatasi masalah ekonomi di masyarakat. Pemahaman masyarakat terkait wakaf identik dengan wakaf tanah atau bangunan belum banyak yang mengetahui bahwa wakaf dapat berupa aset bergerak seperti wakaf berupa uang. Penelitian ini membahas praktik terkini tata kelola wakaf uang yang berada di koperasi masjid Sabilillah dan dianalisis berdasarkan perspektif teori institusional. Temuan awal menunjukkan bahwa koperasi masjid Sabilillah berbentuk koperasi simpan pinjam dan wakaf uang menjadi bagian dari komponen modal pembiayaan. Penelitian menggunakan metode kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan teori institusional tata kelola wakaf uang pada koperasi masjid Sabilillah kurang merespon tekanan institusional. Pengurus kurang merespon tekanan koersif yang terlihat dari belum terdaftarnya koperasi sebagai nazhir wakaf uang di Badan Wakaf Indonesia dan kurang memenuhi peraturan terkait laporan keuangan sesuai standar. Tidak ditemukan tekanan normatif terlihat dari kurangnya pengetahuan pengurus dalam mengelola wakaf uang sesuai kaidah syariah dan fungsi dewan pengawas yang belum berjalan optimal. Namun dari sudut pandang tekanan mimetik pengurus berusaha meniru lembaga sekitarnya dalam proses penerimaan wakaf uang. Berdasarkan hasil penelitian beberapa rekomendasi diberikan kepada koperasi terkait bagaimana praktik tata kelola yang baik dapat diterapkan kedepannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Akuntansi (AKU) > S1 Akuntansi
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jun 2022 04:29
Last Modified: 09 Sep 2022 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291626

Actions (login required)

View Item View Item