Dampak inovasi produk terhadap kinerja keuangan melalui daya saing usaha craft di Indonesia / Fajar Palguna Wijaya</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Dampak inovasi produk terhadap kinerja keuangan melalui daya saing usaha craft di Indonesia / Fajar Palguna Wijaya</p>

Wijaya, Fajar Palguna (2023) Dampak inovasi produk terhadap kinerja keuangan melalui daya saing usaha craft di Indonesia / Fajar Palguna Wijaya</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis peran daya saing perusahaan (FC) sebagai mediator hubungan antara inovasi produk (PI) terhadap kinerja keuangan usaha craft. Data valid dan terkumpul yang digunakan sebanyak 403 responden dari total sebanyak 496 responden yang disurvei sebagai pemilik dan atau manajer usaha craft yang terdaftar di Dinas Koperasi Usaha Kecil Jawa Barat serta Komite Ekonomi Kreatif dan Inovasi Jawa Barat. Penelitian ini menggunakan kuesioner semi terstruktur. Penggunaan analisis jalur untuk menguji efek mediasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa PI memiliki hubungan positif dan signifikan terhadap FC dan FC berpengaruh positif dan signifikan terhadap performa keuangan (FP). Pengaruh PI terhadap FP adalah mediasi penuh oleh FC yang memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap FP. Dengan demikian hasil penelitian ini menunjukkan inovasi produk craft yang dilakukan harus mampu sesuai dengan permintaan pasar berupa keunikan bentuk ukuran corak model komposisi warna hingga keragaman jumlah disetiap pesanan permintaan sehingga menciptakan peningkatan level kompetisi diantara kalangan para pengusaha craft sehingga mampu meningkatkan kinerja keuangan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Apr 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291621

Actions (login required)

View Item View Item