Pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan / Dega Novreza Pratama Subagio</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan / Dega Novreza Pratama Subagio</p>

Subagio, Dega Novreza Pratama (2023) Pengaruh experiential marketing terhadap loyalitas pelanggan melalui kepuasan pelanggan / Dega Novreza Pratama Subagio</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Belakangan ini tren usaha coffee shop di Kota Malang berkembang dengan pesat. Hal itu didukung dengan semakin tingginya peminat kopi yang terus meningkat. Sehingga daya saing antar cafe menjadi lebih besar serta diperlukannya peningkatan pendekatan kepada pelanggan untuk memberikan pelayanan dan ciri khas yang berbeda dengan pesaing lainnya. Sebab kini minat pelanggan berkunjung ke cafe bukan hanya sekedar untuk mengonsumsi minuman kopi tetapi minuman kopi sudah menjadi gaya hidup dan pelengkap diberbagai aktifitas sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui deskripsi dari Experiential Marketing Loyalitas Pelanggan dan Kepuasan Pelanggan (2) Mengetahui pengaruh langsung Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan (3) Mengetahui pengaruh langsung Experiential Marketing terhadap Kepuasan Pelanggan (4) Mengetahui pengaruh langsung Kepuasan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan (5) Mengetahui pengaruh Kepuasan Pelanggan yang memediasi Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan Kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif dan explanatory. Populasi dalam penelitian ini merupakan pelanggan dari cafe 11 12 Kopi yang telah melakukan pembelian pada cafe tersebut. Sampel yang didapatkan dalam penelitian ini sebanyak 228 responden. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling dengan teknik analisis yang digunakan adalah analisis jalur(path). Proses pengambilan data dan penelitian skripsi ini dilakukan dalam kurun waktu Januari hingga April 2022 dengan sampel yang tertera. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Experiential Marketing berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (2) Experiential Marketing berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (3) Kepuasan Pelanggan berpengaruh secara langsung positif dan signifikan terhadap Loyalitas Pelanggan (4) Kepuasan Pelanggan memediasi pengaruh Experiential Marketing terhadap Loyalitas Pelanggan. Dari penelitian ini peneliti dapat memberi saran bahwa (1) Sebaiknya pihak cafe memberikan penawaran khusus kepada pelanggan yang akan membuat agenda serta memaksimalkan suasana dan interior cafe (2) Sebaiknya menyediakan penawaran member card untuk lebih menarik minat pembelian kembali pelanggan (3) Sebaiknya karyawan cafe lebih memaksimalkan pengenalan dan pemasaran produk minuman dan makanannya agar pelanggan menjadi lebih tahu serta tidak ragu untuk memesannya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291614

Actions (login required)

View Item View Item