Peran social media dalam memoderasi pengaruh employer branding dan ewom terhadap minat melamar pekerjaan dengan reputasi perusahaan sebagai mediator pada perushaan e-commerce di indonesia / MUHAMMAD NABIL AGHNA - Repositori Universitas Negeri Malang

Peran social media dalam memoderasi pengaruh employer branding dan ewom terhadap minat melamar pekerjaan dengan reputasi perusahaan sebagai mediator pada perushaan e-commerce di indonesia / MUHAMMAD NABIL AGHNA

Aghna, Muhammad Nabil Aghna (2023) Peran social media dalam memoderasi pengaruh employer branding dan ewom terhadap minat melamar pekerjaan dengan reputasi perusahaan sebagai mediator pada perushaan e-commerce di indonesia / MUHAMMAD NABIL AGHNA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Persaingan antar perusahaan saat ini tidak hanya dalam memenangkan pasar saja tetapi juga dalam mendapatkan karyawan terbaik. Karyawan yang berpotensi cenderung lebih selektif dalam memilih perusahaan mana yang akan dilamar. Penyebaran informasi yang sangat mudah dan cepat juga akan membentuk persepsi seseorang terhadap suatu perusahaan. Penelitian ini dilakukan untuk melihat bagaimana pengaruh penerapan employer branding dan komunikasi electronic word of mouth yang terjadi terhadap keinginan potential employee untuk melamar pekerjaan (intention to apply) di perusahaan e-commerce. Penelitian ini juga dimediasi oleh variabel reputasi perusahaan dan dimoderasi oleh variabel social media. Responden penelitian ini berjumlah 398 yang terdiri dari mahasiswa FEB dari 3 universitas yang memiliki tingkat employability yang tinggi pada lulusannya yaitu Universitas Indonesia Universitas Airlangga dan Universitas Brawijaya. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan Structural Equation Model (SEM) yang diolah menggunakan software SMART-PLS. Dalam penelitian ini ditemukan adanya pengaruh positif dari penerapan employer branding terhadap keinginan potential employee untuk melamar pada perusahaan e-commerce. Variabel employer branding dan EWOM juga terbukti berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap reputasi perusahaan dalam penelitian ini. Sehingga penerapan employer branding pada perusahaan e-commerce merupakan hal yang penting untuk menarik minat pelamar potensial serta membangun reputasi dari perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 08 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291606

Actions (login required)

View Item View Item