Analisis faktor-faktor intention to stay pada karyawan pt. ustegra malang / NANDA A\'ISMA - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis faktor-faktor intention to stay pada karyawan pt. ustegra malang / NANDA A\'ISMA

A'isma, Nanda A'isma (2023) Analisis faktor-faktor intention to stay pada karyawan pt. ustegra malang / NANDA A\'ISMA. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Intention to stay merupakan niat karyawan untuk bertahan pada suatu organisasi atau perusahaan tempat karyawan tersebut bekerja yang didasari atas keinginannya sendiri. Banyak faktor yang melatarbelakangi keinginan karyawan untuk bertahan pada perusahaan tempat mereka bekerja. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menguji faktor-faktor apa saja yang dapat menimbulkan keinginan karyawan untuk tetap tinggal di PT Ustegra Malang serta untuk mengetahui faktor dominan yang menjadi alasan karyawan untuk tetap tinggal di PT. Ustegra Malang. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kuantitatif dimana data yang digunakan diperoleh dari hasil penyebaran kuisioner terhadap 59 orang karyawan AS (Persiapan Produksi) dan Produksi PT. Ustegra Malang. Selanjutnya data yang diperoleh dari hasil kuisioner tersebut dianalisis menggunakan metode analisis faktor konfirmatori yang diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Hasil dari analisis faktor dalam penelitian ini yaitu dari 10 faktor yang sudah ada sebelumnya dikelompokkan lagi menjadi 3 faktor baru yaitu faktor 1 yang diberi nama sarana peningkatan kompetensi yang terbentuk dari management reward pelatihan dan pengembangan fasilitas kesehatan dan keselamatan kerja jam kerja dan hubungan dengan rekan kerja. Faktor 2 diberi nama karakteristik pekerjaan dan dukungan atasan yang terbentuk dari karakteristik pekerjaan beban kerja dan hubungan dengan supervisor. Serta faktor ketiga yaitu gaya manajemen. Dari ketiga faktor tersebut faktor yang paling dominan adalah faktor sarana peningkatan kompetensi dengan nilai eigenvalue sebesar 4 109 diikuti faktor karakteristik pekerjaan dan dukungan organisasi dengan nilai eigenvalue sebesar 1 386. Saran yang diberikan adalah perusahaan perlu memberikan perhatian lebih pada faktor yang kurang dominan yaitu faktor gaya manajemen yang memiliki nilai initial eigenvalue terendah diantara faktor-faktor lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291581

Actions (login required)

View Item View Item