Sintesis dan karakterisasi nanokomposit fe3o4/zno/pani/rgo sebagai material penyerap radar / Nur Hanifah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Sintesis dan karakterisasi nanokomposit fe3o4/zno/pani/rgo sebagai material penyerap radar / Nur Hanifah</p>

Hanifah, Nur (2023) Sintesis dan karakterisasi nanokomposit fe3o4/zno/pani/rgo sebagai material penyerap radar / Nur Hanifah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perkembangan teknologi stealth menjadi hal yang penting untuk meningkatkan keamanan negara. Radar absorbing material telah banyak diaplikasikan pada teknologi stealth untuk meminimalisasi deteksi perlengkapan militer dari sistem radar musuh dengan cara menyerap gelombang elektromagnetik dari sumber radar. Oleh karena itu penelitian ini difokuskan pada sintesis dan karakterisasi nanokomposit Fe3O4/ZnO/PANI/rGO sebagai material penyerap radar. Nanokomposit Fe3O4/ZnO/PANI/rGO disintesis menggunakan metode kopresipitasi dan sol-gel dengan variasi komposisi persen berat rGO berbasis tempurung kelapa sebesar 0% 25% 40% 50% 57%. Pada penelitian ini dilakukan karakterisasi dasar yaitu XRD FTIR SEM-EDX dan VSM untuk mengetahui struktur kristal gugus fungsi morfologi dan sifat kemagnetan dari nanokomposit Fe3O4/ZnO/PANI/rGO serta uji performa penyerapan radar menggunakan VNA. Pola XRD dari nanokomposit Fe3O4/ZnO/PANI/rGO mengindikasikan bahwa Fe3O4 memiliki struktur inverse spinel cubic dan ZnO berstruktur heksagonal wurtzite sedangkan PANI dan rGO memiliki struktur amorf. Keberadaan PANI konduktif pada nanokomposit dikonfirmasi dengan munculnya vibrasi cincin quinoid dan benzenoid serta gugus C ndash N dan C ndash H. Sedangkan terbentuknya fase rGO ditandai dengan munculnya vibrasi gugus C C dan absennya gugus O ndash H yang dapat dikonfirmasi melalui rendahnya persentase elemen O berdasarkan hasil EDX. Hasil SEM menunjukkan rGO memiliki permukaan berpori dan PANI bertindak sebagai pengikat nanopartikel Fe3O4 dan ZnO untuk dapat menyisip ke pori-pori rGO. Kurva histeresis dari nanokomposit Fe3O4/ZnO/PANI/rGO menunjukkan bahwa nanokomposit memiliki sifat superparamagnetik dengan nilai magnetisasi saturasi yang semakin menurun seiring dengan penambahan komposisi persen berat rGO. Lebih lanjut hasil karakterisasi VNA menunjukkan bahwa penambahan rGO mampu meningkatkan performa penyerapan radar dari nanokomposit dengan nilai reflection loss maksimum yaitu ndash 8 57 dB pada frekuensi 11 10 GHz. Peningkatan performa penyerapan radar tersebut kemungkinan besar berasal dari pencocokan impedansi antara permeabilitas dan permitivitas serta sinergi antara magnetic loss dan dielectric loss dari nanokomposit Fe3O4/ZnO/PANI/rGO.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S1 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 May 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291529

Actions (login required)

View Item View Item