Pelaksanaan pembelajaran korespondensi di SMK Negeri 2 Blitar (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran) / Bunga Vela Destaria

Destaria, Bunga Vela (2019) Pelaksanaan pembelajaran korespondensi di SMK Negeri 2 Blitar (studi pada siswa kelas X Administrasi Perkantoran) / Bunga Vela Destaria. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Destaria, Bunga Vela. 2016. Pelaksanaan Pembelajaran Korespondensi di SMK Negeri 2 Blitar (Studi Pada Siswa Kelas X Administrasi Perkantoran). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Hj. Wasiti, S.Sos., M.Si. (II) Dr. H. Sutrisno, M.M. Kata Kunci: Pembelajaran, Korespondensi, Kualitatif Deskriptif. Pendidikan merupakan salah satu aspek yang berperan penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Kualitas pendidikan suatu negara dapat dikatakan berkualitas baik apabila mampu mencapai tujuan pendidikan itu sendiri. Keberhasilan dan kegagalan dalam kegiatan belajar tergantung pada bagaimana proses pembelajaran itu dilaksanakan. Selain faktor-faktor diatas keberhasilan proses pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran tidak lepas dari peranan kurikulum yang diterapkan pada sekolah tersebut, karena kurikulum merupakan pedoman dalam mengatur kegiatan pendidikan. Korespondensi merupakan mata pelajaran yang ada pada kurikulum 2013. Materi pada mata pelajaran Korespondensi lebih banyak didominasi pada aspek psikomotor sehingga banyaknya praktik dan latihan yang dilakukan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Korespondensi di SMK Negeri 2 Blitar dilihat dari aspek metode yang digunakan, teknik evaluasi serta faktor kendala dan pendukung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini berusaha melakukan pengkajian dan kemudian mendeksripsikan tentang permasalahan penelitian yang terfokus pada pelaksanaan pembelajaran Korespondensi di SMK Negeri 2 Blitar. Peneliti bertindak sebagai instrumen penelitian yang utama serta pengumpul data, sehingga peneliti terlibat langsung pada obyek penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Blitar yang beralamatkan di Jalan Tanjung Nomor 111 Blitar. Pemilihan lokasi penelitian berdasarkan pertimbangan bahwa SMK Negeri 2 Blitar sudah menerapkan kurikulum 2013. Sumber data utama atau data primer ini dicatat melalui catatan tertulis atau melalui perekam suara, dan pengambilan foto yang diperoleh langsung dari lapangan. Dalam penelitian ini sumber data utama didapatkan guru mata pelajaran Korespondensi. Pada penelitian ini sampel yang diambil adalah siswa kelas X AP 3. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini terdiri dari tiga teknik, yaitu: (1) observasi, (2) wawancara, dan (3) dokumentasi. Dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap guru mata pelajaran Korespondensi dan beberapa siswa mengenai proses pembelajaran Korespondensi, diperoleh gambaran hahwa pembelajaran yang dilaksanakan berjalan dengan baik karena kegiatan pembelajaran berjalan sesuai dengan perencanaan yang telah dibuat dan siswa dapat menerima apa yang disampaikan oleh guru. Metode yang digunakan oleh guru pada pembelajaran Korespondensi adalah ceramah dan diskusi serta menggunakan model pembelajaran Project Based Learning. Guru memilih menggunakan metode ini karena pada mata pelajaran Korespondensi terdapat materi yang perlu dijelaskan terlebih dahulu, sedangkan pada materi praktik guru menggunakan model Problem Based Learning. Evaluasi proses pembelajaran di SMK Negeri 2 Blitar dilaksanakan oleh guru untuk mengetahui keaktifan serta sikap siswa selama kegiatan pembelajaran, sedangkan evaluasi hasil dilaksanakan untuk melihat nilai dari serangkaian proses belajar mengajar. Beberapa kendala yang dihadapi dalam proses pembelajaran Korespondensi antara lain minimnya fasilitas dalam kegiatan praktik, jam pelajaran berada pada jam terakhir dan juga kurangnya buku pegangan bagi siswa. Beberapa faktor pendukung dalam proses pembelajaran Korespondensi antara lain lingkungan sekolah yang nyaman, terjaganya kebersihan kelas, ketersedian media pembejaran dan juga keaktifan siswa yang masih antusias menerima pelajaran. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti memberikan saran bahwa (1) Bagi sekolah Diharapkan dapat menambah ketersediaan alat yang dapat digunakan dalam kegiatan praktik dan menyediakan buku pegangan bagi siswa. (2) Bagi guru mata pelajaran Korespondensi Diharapkan untuk menambah variasi metode dan model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan. (3) Bagi peneliti lain Hasil penelitian ini dapat digunakan untuk penelitian selanjutnya mengenai pelaksanaan pembelajaran Korespondensi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29149

Actions (login required)

View Item View Item