Penerapan model pembelajaran direct instruction dan talking chips untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat pengantar administrasi perkantoran (penelitian tindakan kelas pada kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Cempaka Ajeng Nilamtantra AS.

Nilamtantra AS., Cempaka Ajeng (2018) Penerapan model pembelajaran direct instruction dan talking chips untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada mata diklat pengantar administrasi perkantoran (penelitian tindakan kelas pada kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen) / Cempaka Ajeng Nilamtantra AS. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Nilamtantra AS, Cempaka, Ajeng. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Direct Instruction dan Talking Chips Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Pengantar Administrasi Perkantoran (Penelitian Tindakan Kelas Pada Kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen). Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Uni-versitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RW. W., M. A., M.si., (II) Dr. Ludi Wishnu W, S.Pd, M.M. Kata Kunci : pembelajaran kooperatif, direct instruction dan talking chips, aktivitas dan hasil belajar Pembelajaran yang bersifat monoton menyebabkan siswa merasa bosan dalam belajar, siswa kurang aktif karena pembelajaran di dominasi oleh guru, terlebih siswa terkadang lebihtertarik padahal lain seperti telepon genggam yang mereka miliki. Hal tersebut berdampakpada hasil belajar siswa yang kurang memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal. Terkait dengan model pembelajaran, yang dirasa dapat melibatkan siswa untuk berperan aktif dan berkerjasama agar dapat memaksimalkan aktivitas dan hasil belajar salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Direct Instruction dan Talking Chips. Rumusan Masalah pada penelitian ini untuk mengetahui, (1) penerapan moedel Direct In-struction dan Talking Chips pada matapelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran, (2)aktivitas siswa pada saat penerapan model Direct Instruction dan Talking Chips pada mata pelajaran pengantar administrasi perkantoran, (3) hasil belajar siswa setelah diterap-kan model Direct Instruction dan Talking Chips pada matapelajaran pengantar administrasi perkantoran, (4) hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan model pembelaja-ran direct instruction dan talking chips pada mata pelajaran Pengantar AdministrasiP-erkantoran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Program keahlian Administrasi Perkantor-an di SMK Cendika Bangsa Kepanjen Kab. Malang yang berjumlah 32 siswa. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas ini dilakukan dua siklus yang terdiri dari tiga tahap yaitu, me-rencanakan tindakan, melakukan tindakan & mengamati tindakan dan refleksi. Data penelitian dikumpulkan melalui observasi, wawancara, catatan lapangan, dokumentasi dan tes. Analisis data penelitian meliputi tiga hal: (1) reduksi data dimulai pada saat observasi sebelummembuat latarbelakang penelitian, dilanjutkan saat pelaksanaan penelitian dan setelah penelitian dilakukan; (2) penyajian data dilakukan setelah melakukan pengamatan yaitu setelah melakukan observasi dan pada saat pelaksanaan penelitian; dan (3) penarikan kesimpulan dilakukan pada saat awal sampai akhir pelaksanaan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan model Talking Chipsdapat meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Pada aktivitas siswa diperoleh persentase aktivitas siswa 78,75 pada siklus I dan meningkat menjadi 95 pada siklus II. Pada hasil belajar siswa berdasarkan nilai post test 85,89 pada siklus I dan meningkat menjadi 88,75 pada siklus II. Pada siklus I presentase ketuntasan hasil belajar siswa 0 menjadi 100 pada siklus II. Penyebab adanya hambatan karena model ii pembelajaran direct instruction dan talking chips belum pernah diterapkan pada kelas X APK di SMK Cendika Bangsa Kepanjen. Berdasarkan hasil penelitian, disarankan beberapa hal sebagai berikut: (1) Bagi guru mata pelajaran Pengantar Administrasi Perkantoran untuk menggunakan model pembelaja-ran bervariasi (2) Bagi siswa, dengan penerapan model pembelajaran bervariasihendaknya dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar. (3) bagi peneliti, diharapkan dapat melakukan perbaikan dari kekurangan yang ada pada penerapan model pembelajaran direct Instruction dan talking Chips.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Oct 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29148

Actions (login required)

View Item View Item