Pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif (studi pada siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 07 Gondanglegi Kabupaten Malang) / Fitria Kusumaningtyas

Kusumaningtyas, Fitria (2018) Pengaruh lingkungan keluarga dan minat belajar terhadap hasil belajar mata pelajaran produktif (studi pada siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 07 Gondanglegi Kabupaten Malang) / Fitria Kusumaningtyas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Kusumaningtyas Fitria. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga Dan Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Produktif (Studi Pada Siswa Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 07 Gondanglegi Kabupaten Malang). Skripsi program Studi S-1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Aniek Indrawati S.Si. M.M. (II) Drs. H. Mohammad Arief M.Si Kata Kunci Lingkungan Keluarga Minat Belajar Siswa dan Hasil Belajar Siswa Pendidikan mempunyai peranan yang penting dalam mengembangkan potensi yang dimiliki manusia. Pendidikan pada hakekatnya adalah usaha sadar untuk mengembangkan kepribadian dan kemampuan di dalam maupun diluar sekolah serta berlangsung seumur hidup. Hasil pembelajaran dalam penelitian ini adalah faktor-faktor yang mempengaruhi hasil belajar diantaranya adalah variable lingkungan keluarga dan minat belajar. Peenelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan lingkungan keluarga minat belajar dan hasil belajar siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 07 Gondanglegi. (2) Mengetahui adakah pengaruh signifikan lingkungan keluarga terhadap nhasil belajar siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 07 Gondanglegi. (3) Mengetahui adakah pengaruh signifikan minat belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 07 Gondanglegi. (4) Mengetahui adakah pengaruh signifikan lingkungan keluarga dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 07 Gondanglegi. Penelitian ini mengunakan teknik pengumpulan sampel adalah sampel jenuh pendekatan kuantitatif dan deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X jurusan Administrasi Perkantoran SMK Muhammadiyah 07 Gondanglegi tahun ajaran 2016/2017 dengan sampel 40 siswa. Teknik analisis data mengunakan analisis statistic deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini menjukan bahwa (1) siswa kelas X SMK Muhammadiyah 07 Gondanglegi memiliki lingkungan keluarga yang baik (4 3) memiliki minat belajar yang baik (4 0) dan memiliki hasil belajar yang rendah karena hampir semua siswa ada yang belum tuntas KKM. (2) terdapat pengaruh signifikan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa. (3) terdapat pengaruh signifikan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. (4) terdapat pengaruh signifikan lingkungan keluarga dan minat belajar siswa terhadap hasil belajar siswa. Dapaat disimpulkan bahwa semakin baik lingkungan keluarga dan semakin tinggi minat belajar siswa maka semakin tinggi hasil belajar siswa begitu pula sebaliknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29147

Actions (login required)

View Item View Item