Redesign UI/UX pada Sipejar Universitas Negeri Malang untuk meningkatkan efektifitas pengguna / Yafi Asyam Murtiono</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Redesign UI/UX pada Sipejar Universitas Negeri Malang untuk meningkatkan efektifitas pengguna / Yafi Asyam Murtiono</p>

Murtiono, Yafi Asyam (2023) Redesign UI/UX pada Sipejar Universitas Negeri Malang untuk meningkatkan efektifitas pengguna / Yafi Asyam Murtiono</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sebagian besar mahasiswa Universitas Negeri Malang masih kesulitan untuk mengoperasikan SIPEJAR sebagai media pembelajaran mereka. Hasil pengumpulan data didapatkan bahwa faktor penyebab mahasiswa kesulitan menggunakan SIPEJAR adalah tampilan yang kurang menarik terlalu kompleks layout yang tidak rapi serta terlalu banyak elemen yang tidak penting sehingga penggunaan SIPEJAR kurang efektif untuk menunjang pembelajaran. Pada penelitian ini dilakukan redesign untuk mempermudah penggunaan SIPEJAR. Redesign UI/UX SIPEJAR menggunakan design thinking sebagai metode dengan lima tahap yakni empathize define ideate prototype dan test. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan wawancara dengan ahli UI/UX dan dosen Universitas Negeri Malang serta survey kepada mahasiswa. Hasil akhir dari perancangan ini adalah 16 halaman SIPEJAR antara lain dashboard absen kelas tugas video meeting diskusi detail diskusi kuis transkrip nilai kalender arsip kelas profil panduan QnA tentang SIPEJAR dan pengaturan. Testing dilakukan menggunakan maze.co kemudian diuji kepada 30 mahasiswa dari berbagai fakultas. Mahasiswa diminta untuk menyelesaikan misi berdasarkan redesign yang dibuat. Dari skala 0-100 nilai yang didapat dari hasil test adalah 90 yang menandakan bahwa hasil redesign UI/UX mudah digunakan dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S1 Desain Komunikasi Visual
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291462

Actions (login required)

View Item View Item