Cara belajar, fasilitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada siswa kelas X SMK Darma Siswa 2 Berbek Sidoarjo Jurusan Administrasi Perkantoran tahun pelajaran 2017/2018) / Marina Audyaramadhani

Audyaramadhani, Marina (2018) Cara belajar, fasilitas belajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran korespondensi (studi pada siswa kelas X SMK Darma Siswa 2 Berbek Sidoarjo Jurusan Administrasi Perkantoran tahun pelajaran 2017/2018) / Marina Audyaramadhani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Audyaramadhani, Marina. 2018. Cara Belajar, Fasilitas Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Korespondensi (Studi Pada Siswa Kelas X Smk Darma Siswa 2 Berbek Sidoarjo Jurusan Administrasi Perkantoran Tahun Pelajaran 2017/2018). Skripsi, Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen, Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. Ery Tri Djatmika RWW, M.A., M.Si, (II) Dr. Djoko Dwi Kusumajanto, M.Si. Kata kunci: Cara Belajar, Fasilitas Belajar, Hasil Belajar Keberhasilan belajar seorang siswa dalam menguasai pelajaran di sekolah tidak lepas dari faktor-faktor yang mempengaruhinya. Salah satunya adalah cara belajar. Cara belajar sangat berperan dalam rangka mencapai tujuan belajar. Tanpa cara belajar yang baik maka ia tidak akan dapat mencapai tujuan belajar dengan maksimal. Berdasarkan latar belakang yang ada, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan cara belajar, fasilitas beajar dan hasil belajar siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Darma Siswa 2 Berbek Sidoarjo. Rancangan penelitian yang digunakan adalah deskriptif. Variabel bebas (X1) dalam penelitian ini adalah cara belajar dan fasilitas belajar (X2). Sedangkan variabel terikat (Y) adalah hasil belajar siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Darma Siswa 2 Berbek Sidoarjo dengan populasi 84 siswa. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu angket (kuesioner) dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik analisis deskriptif tanpa menghubungkan dengan variabel lain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa cara belajar siswa kelas X jurusan APK SMK Darma Siswa 2 Berbek Sidoarjo tergolong baik dengan presentase sebesar 75%. Fasilitas belajar siswa kelas X jurusan APK SMK Darma Siswa 2 Berbek Sidoarjo tergolong sangat baik dengan presentase sebesar 45%. Sedangkan hasil belajar siswa kelas X jurusan APK SMK Darma Siswa 2 Berbek Sidoarjo juga tergolong baik dengan presentase sebesar 71%. Berdasarkan temuan penelitian ini maka dapat disimpulkan bahwa (1)Cara belajar siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran pada mata pelajaran korespondensi di SMK Darma Siswa 2 Berbek Sidoarjo tergolong baik. (2)Fasilitas belajar siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran di SMK Darma Siswa 2 Berbek Sidoarjo tergolong sangat baik. (3)Hasil belajar siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran di SMK Darma Siswa 2 Berbek Sidoarjo yang dilihat dari nilai rapor semester gasal tahun 2017/2018 dan dari tes yang dilakukan peneliti pada mata pelajaran korespondensi tergolong baik. Dengan demikian dapat disarankan untuk lebih memaksimalkan lagi cara belajar siswa dengan bantuan orang tua, guru maupun diri siswa itu sendiri sehingga diharapkan dapat menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan hasil belajar bagi siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29146

Actions (login required)

View Item View Item