Pengaruh self-efficacy, dukungan sosial orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat memilih Program Studi S1 Pendidikan Administrasi perkantoran di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri alang (studi pada mahasiswa Prodi S1 PADP FE-UM angkatan 2015/2016-2017/2018

Eldiana, Intan (2018) Pengaruh self-efficacy, dukungan sosial orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat memilih Program Studi S1 Pendidikan Administrasi perkantoran di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri alang (studi pada mahasiswa Prodi S1 PADP FE-UM angkatan 2015/2016-2017/2018. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

i ABSTRAK Eldiana, Intan. 2018. Pengaruh Self-Efficacy, Dukungan Sosial Orang Tua dan Lingkungan Teman Sebaya terhadap Minat Memilih Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Drs. H. Gatot Isnani, M.Si., (II) Dr. Hj. Madziatul Churiyah, S.Pd., M.M. Kata kunci: self-efficacy, dukungan sosial orang tua, lingkungan teman sebaya, minat memilih prodi Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin maju, menuntut setiap individu untuk mempunyai pendidikan serta kemampuan yang berkualitas untuk memasuki persaingan di dunia kerja. Melalui pendidikan setiap individu diajarkan serta diarahkan agar mempunyai keahlian. Pada saat lulus dari SMA/Sederajat, setiap individu akan dihadapkan pada konflik diri (batin) untuk memilih melanjutkan pendidikkan ke perguruan tinggi atau langsung berkarir di dunia kerja. Pada dasarnya di dalam diri setiap individu terdapat self-efficacy (efikasi diri) yaitu suatu penilaian akan kemampuannya sendiri untuk mencapai tujuan yang ingin dicapainya. Orang tua juga menjadi sumber penting dalam pembentukan tata nilai kehidupan dan tujuan-tujuan masa depan sehingga kebanyakan orang tua memutuskan untuk menentukan masa depan terbaik anaknya. Sedangkan lingkungan teman sebaya menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi individu untuk berorientasi sekolah atau bekerja. Minat menjadi dasar atau landasan dalam melaksanakan suatu aktivitas, sehingga dapat diperoleh hasil yang maksimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) deskripsi self-efficacy, dukungan sosial orang tua, lingkungan teman sebaya dan minat memilih prodi, (2) pengaruh self-efficacy terhadap minat memilih prodi, (3) pengaruh dukungan sosial orang tua terhadap minat memilih prodi (4) pengaruh lingkungan teman sebaya terhadap minat memilih prodi, (5) pengaruh dominan self-efficacy, dukungan sosial orang tua dan lingkungan teman sebaya terhadap minat memilih prodi. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif bersifat deskriptif korelasional. Variabel bebas dari penelitian ini adalah self-efficacy ( ), dukungan sosial orang tua ( ), dan lingkungan teman sebaya ( ), dengan variabel terikat minat memilih prodi (Y). Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang angkatan 2015/2016-2017/2018 yang berjumlah 482 mahasiswa, berdasarkan rumus Isacc dan Michael jumlah sampel yang diperoleh adalah sebanyak 214 mahasiswa. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportionate random sampling. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala Likert. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data ordinal yang ditransformasikan sebagai data interval menggunakan MSI (Method of Successive Interval). Sumber data dalam penelitian ini berasal dari data primer diperoleh dari responden, dan data sekunder diperoleh dari data jumlah mahasiswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) kuesioner, (2) dokumentasi, (3) wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan statistik inferensial. Uji kelayakan instrumen dilakukan uji validitas ii ii dan uji reliabilitas dengan memberikan kuesioner kepada 30 responden di luar sampel penelitian. Hasil uji validitas dan reliabilitas setelah dilakukan dua kali try out menunjukkan bahwa pada variabel lingkungan teman sebaya terdapat banyak item pernyataan yang tidak valid pada indikator persaingan, pertentangan, dan persesuaian. Sehingga peneliti mengapus indikator tersebut, pada penelitian ini indikator yang digunakan untuk variabel lingkungan teman sebaya adalah kerjasama dan asimilasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa: (1) self-efficacy mahasiswa tergolong cukup baik, dukungan sosial orang tua mahasiswa tergolong cukup baik, lingkungan teman sebaya mahasiswa tergolong cukup baik, minat mahasiswa memilih prodi tergolong cukup baik; (2) self-efficacy berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memilih prodi; (3) dukungan sosial orang tua tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memilih prodi; (4) lingkungan teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat memilih prodi; (5) self-efficacy merupakan variabel yang dominan mempengaruhi minat memilih prodi. Hasil uji asumsi klasik menunjukkan bahwa: (1) uji normalitas menunjukkan bahwa model regresi memenuhi asumsi normalitas; (2) uji multikolinearitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala multikolinearitas; (3) uji heteroskedastisitas menunjukkan bahwa model regresi tidak terjadi gejala heteroskedastisitas. Hasil uji t diketahui bahwa: (1) terdapat pengaruh yang postif dan signifikan antara self-efficacy dengan minat memilih prodi; (2) tidak terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara dukungan sosial orang tua dengan minat memilih prodi; (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara lingkungan teman sebaya dengan minat memilih prodi. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,213, dapat dikatakan bahwa veriabel bebas mempengaruhi variabel terikat sebesar 21,3%, sisanya 78,7% dapat dipengaruhi oleh variabel lain yaitu potensi diri, motivasi, ekspetasi masa depan, peluang, lingkungan sosial, situasi dan kondisi, serta institusional. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti menyarankan: (1) Bagi mahasiswa diharapkan dapat meningkatkan semangat, percaya diri serta optimis bahwa mampu menghadapi persoalan-persoalan yang akan muncul saat mendalami ilmu administrasi, jadikan kegagalan orang lain sebagai pembelajaran dan motivasi untuk terus berusaha, (2) Sebagai orang tua mempunyai kewajiban untuk memenuhi segala kebutuhan yang diperlukan selama perkuliahan tetapi jika tidak memungkinkan, cukuplah dengan memberikan perhatian, kasih sayang yang cukup, mengetahui perkembangan nilai selama perkuliahan itu akan membantu mahasiswa untuk membangun semangat dan motivasinya untuk mendalami ilmu administrasi, (3) Bagi lingkungan teman sebaya diharapkan dapat membangkitkan semangat dan memberikan pengaruh yang positif kepada mahasiswa agar merasa nyaman saat mengerjakan tugas atau saat berdiskusi kelompok, (4) Bagi peneliti selanjutnya disarankan untuk memperhatikan variabel-variabel lain yang dapat mempengaruhi minat memilih prodi seperti motivasi, prestasi belajar, status ekonomi orang tua, prestise profesi guru, potensi diri, ekspektasi masa depan, lingkungan sosial, dan institusional.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jun 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29145

Actions (login required)

View Item View Item