Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan adobe flash CS6 pada mata pelajaran Kearsipan Kompetensi dasar (KD) Mengelola Sistem Kearsipan (studi pada peserta didik kelas X Jurusan Administrasi perkantoran SMK Ardjuna 02 Malang) / Pambudi Laksono

Laksono, Pambudi (2018) Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan adobe flash CS6 pada mata pelajaran Kearsipan Kompetensi dasar (KD) Mengelola Sistem Kearsipan (studi pada peserta didik kelas X Jurusan Administrasi perkantoran SMK Ardjuna 02 Malang) / Pambudi Laksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Laksono, Pambudi. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif Menggunakan Adobe Flash CS6 Pada Mata Pelajaran Kearsipan Kompetensi Dasar (KD) Mengelola Sistem Kearsipan (Studi Pada Peserta Didik Kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Ardjuna 02 Malang). Skripsi, Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. I Nyoman Suputra, M.Si., (II) Dr. Ely Siswanto, S.Sos., M.M. Kata kunci: Media Pembelajaran, Multimedia Interaktif, Adobe Flash CS6, Mengelola Sistem Kearsipan. Media pembelajaran sebagai salah satu inovasi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sangat penting dalam proses pembelajaran. Hadirnya media sebagai alat bantu dalam pembelajaran, dapat mempengaruhi tercapainya tujuan pembelajaran. Media pembelajaran dapat mendukung kegiatan pembelajaran, khususnya mata pelajaran Kearsipan Kompetensi Dasar (KD) Mengelola Sistem Kearsipan di SMK Ardjuna 02 Malang. Pengembangan media pembelajaran multimedia interaktif Adobe Flash CS6 ini bertujuan untuk: (1) Merancang dan mengembangkan media pembelajaran multimedia interaktif Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Kearsipan Kompetensi Dasar (KD) mengelola sistem kearsipan peserta didik kelas X di SMK Ardjuna 02 Malang, (2) Menerapkan dan mengujicoba kelayakan media pembelajaran multimedia interaktif Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Kearsipan Kompetensi Dasar (KD) mengelola sistem kearsipan peserta didik kelas X di SMK Ardjuna 02 Malang. Penelitian dan pengembangan yang dilakukan dengan mengadaptasi dari model pengembangan Borg and Gall yang telah dimodifikasi melalui 8 langkah, yaitu: (1) Identifikasi masalah dan kebutuhan, (2) Perencanaan, (3) Pengembangan produk, (4) Uji coba tahap awal, (5) Revisi, (6) Uji coba kelompok terbatas, (7) Revisi, (8) Uji coba kelompok besar. Validasi media pembelajaran dilakukan oleh ahli materi, ahli media, kelompok kecil, dan kelompok besar. Kelompok kecil dan kelompok besar adalah peserta didik kelas X Jurusan Administrasi Perkantoran. Hasil validasi ahli materi mencapai 85% yang menyatakan bahwa media pembelajaran layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil validasi dari ahli media adalah sebesar 82,35%, menyatatakan bahwa media layak untuk digunakan. Hasil validasi kelompok terbatas mencapai 92,62% dan kelompok besar mencapai 91,58%, sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran multimedia interaktif menggunakan Adobe Flash CS6 pada mata pelajaran Kearsipan Kompetensi Dasar (KD) Mengelola Sistem Kearsipan ini layak digunakan dalam proses kegiatan belajar mengajar di dalam kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi (FE) > Jurusan Manajemen (MNJ) > S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Jan 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/29144

Actions (login required)

View Item View Item