Evaluasi desain interior Perpustakaan Umum Kota Malang / Sekar Mutiara Chaerunisa - Repositori Universitas Negeri Malang

Evaluasi desain interior Perpustakaan Umum Kota Malang / Sekar Mutiara Chaerunisa

Chaerunisa, Sekar Mutiara (2022) Evaluasi desain interior Perpustakaan Umum Kota Malang / Sekar Mutiara Chaerunisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Perpustakaan digunakan masyarakat tidak lagi hanya dijadikan sebagai tempat menyimpan buku akan tetapi juga dijadikan sebagai tujuan pertama untuk memperoleh pengetahuan baru atau sebuah informasi. Untuk itu fasilitas dan ruangan yang dimiliki perpustakaan berlandaskan sesuai dengan Standar Nasional Perpustakaan. Penelitian ini dilakukan untuk mengevaluasi desain interior perpustakaan umum di Kota Malang. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini merupakan pemustaka Perpustakaan Umum Kota Malang pada bulan Januari sampai dengan Maret 2022 dengan menggunakan sampling purposive. Berdasarkan tabel penentu total sampel dari Isaac dan Michael dengan taraf kesalahan 10% populasi yang digunakan berjumlah 266 orang. Penelitian menggunakan perolehan sumber data primer dengan cara melakukan penyebaran kuesioner yang dilakukan kepada pemustaka Dinas Perpustakaan Umum dan Arsip Daerah Kota Malang dan sumber data sekunder tersusun dalam dokumen seperti catatan jurnal artikel dan literatur yang terkait. Penelitian menggunakan teori Suhaila Sufar tentang Studi Lingkungan-Perilaku. Hasil dari penelitian ini menggunakan empat elemen yang dijadikan sebagai indikator penelitian ini yaitu (1) Lighting (pencahayaan) (2) Furniture selections (pemilihan furniture) (3) Space Planning (perancangan ruangan) dan (4) Material amp Finishes (pemilihan material). Hasil analisis penelitian pada keempat elemen yang disebar melalui kuesioner kepada pemustaka menunjukan skor di angka 81 84% pada pencahayaan 82 57% pada pemilihan furniture 83 02% pada perancangan ruangan dan 79 72% pada pemilihan material. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat kurangnya kebutuhan lux pada pencahayaan alami dan buatan di ruang baca perpustakaan ketika diukur menggunakan luxmeter. Dalam elemen perancangan ruangan menunjukan bahwa perpustakaan telah memberikan rambu di setiap ruangan dalam mewujudkan Wayfinding bagi para pemustakanya. Pelaksanaan perancangan ruangan di perpustakaan telah dilakukan berdasarkan kebutuhan kelompok namun belum terlaksana untuk kebutuhan individu. Kebutuhan ruang berdasarkan usia dibagi dengan pengadaan ruang baca umum dan ruang baca anak. Perpustakaan menggunakan beberapa ruangan sebagai fasilitas yang dapat digunakan oleh pengunjung yaitu musholla dan tempat penitipan barang. Empat aspek dalam perancangan ruang telah dipenuhi perpustakaan dalam aspek fungsional dan keamanan bahan pustaka namun belum terpenuhi pada aspek estetika dan aspek psikologi pengguna. Pelaksanaan pemilihan material di perpustakaan menggunakan warna kuning dan ungu untuk ruang baca dan menggunakan dua jenis bahan pada furniture yaitu besi dan kayu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Apr 2022 04:29
Last Modified: 03 Apr 2024 03:01
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291432

Actions (login required)

View Item View Item