Prosedur manajemen preservasi naskah kuno warisan budaya nusantara (khastara) / Rista Rahmatiastiti - Repositori Universitas Negeri Malang

Prosedur manajemen preservasi naskah kuno warisan budaya nusantara (khastara) / Rista Rahmatiastiti

Rahmatiastiti, Rista Rahmatiastiti (2023) Prosedur manajemen preservasi naskah kuno warisan budaya nusantara (khastara) / Rista Rahmatiastiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian tentang strategi preservasi naskah kuno di Perpustakaan Nasional Republik Indonesia dengan menggunakan model referensi Consultative Committee for Space Data System (CCSDS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi preservasi pada koleksi naskah kuno di Perpustakaan Nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan informan dalam penelitian ini didasarkan pada penggunaan purposive teknik sampling. Riset dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan metode triangulasi teknik sebagai uji keabsahan. Hasil penelitian menunjukan bahwa prosedur preservasi naskah kuno di Perpustakaan Nasional tahap pertama produsen naskah menyerahkan naskah kepada pihak Perpustakaan Nasional tahap kedua naskah yang telah diterima dilakukan pencatatan bibliografi kemudian dilakukan alih media melalui proses scanning dan pemotretan pada naskah membuat deskripsi metadata naskah untuk di-input ke dalam sistem INLIS ENTERPRISE. Pada tahap terakhir naskah dapat diakses oleh pengguna melalui website KHASTARA. Kendala yang dihadapi dalam kegiatan preservasi kurangnya sumber daya manusia dalam kegiatan preservasi sehingga membutuhkan waktu yang lama dalam penyelesaiannya serta minimnya sarana dan prasarana yang disediakan dalam kegiatan preservasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Jun 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291427

Actions (login required)

View Item View Item