Nilai historis-sosiologis dalam novel Soekarno: kuantar ke gerbang karya ramadhan K.H. / Ulin Nihayah</p> - Repositori Universitas Negeri Malang

Nilai historis-sosiologis dalam novel Soekarno: kuantar ke gerbang karya ramadhan K.H. / Ulin Nihayah</p>

Nihayah, Ulin (2023) Nilai historis-sosiologis dalam novel Soekarno: kuantar ke gerbang karya ramadhan K.H. / Ulin Nihayah</p>. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Nilai historis merupakan salah satu dari beberapa nilai penting dalam suatu karya sastra. Nilai historis merupakan nilai kesejarahan yang terdapat dalam kehidupan masyarakat secara utuh. Novel merupakan media untuk menyalurkan ide-ide cemerlang selain menyimpan nilai budaya sebuah novel juga dapat menggambarkan nilai historis. Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan nilai historis dalam novel Soekarno Kuantar ke Gerbang serta implementasinya dalam kehidupan sehari-hari dengan teori sosiologi sastra. Selain itu hasil penelitian ini diharapkan dapat menambah khazanah model penelitian sastra khususnya penelitian tentang historis sosiologis dalam novel. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini merupakan penelitian studi teks. Adapun tahap-tahap dalam proses pengumpulan data pada penelitian ini yaitu mengumpulkan teks-teks yang menunjukkan nilai historis dari hasil membaca novel mengelompokkan data berdasarkan kategorinya dan memasukkan data yang telah dikumpulkan ke dalam hasil temuan. Hasil dari penelitian ini berupa data yang menunjukkan nilai historis dan relevansinya dalam kehidupan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Mar 2023 04:29
Last Modified: 09 Sep 2023 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/291416

Actions (login required)

View Item View Item